2020 nanti Kampung Salili miliki Lapangan Olahraga dan Destinasi Wisata Bukit Doa

0
126

SALILI-SITENG|| Seperti beberapa kampung lainnya agenda pemerintah kampung Salili juga hari ini menggelar musyawarah kerja pembangunan (musrembang).  Rapat dilaksanakan di aula kantor kampung dan dimulai jam 13.00, ini dipimpin langsung oleh kapitalau kampung Salili, Maria Kuheba  yang didampingi oleh dua orang dari unsur LPM, Absoni Bawuna dan Ratna Pontoh.

Rapat diawali dengan pembacaan tata tertib musyawarah yang disaksikan oleh pemerintah kecamatan Siau Tengah yang dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan, Yolanda Lahengking.

Musrembang menghasilkan keputusan antara lain program kegiatan pembangunan infrastruktur Raga Desa dan pembangunan akses jalan menuju kawasan wisata bukit doa.

Selain itu pada program pemberdayaan masyarakat, ditetapkan juga kegiatan bantuan usaha bagi kelompok ibu rumah tangga pembuat kue dodol dan bantuan bagi Karang Taruna berupa pelatihan perbengkelan dan usaha pangkas rambut.

Suasana dalam musyawarah berlangsung tertib meskipun nampak ada beberapa sanggahan namun dapat disikapi dengan arif.

Sekcam Yolanda Lahengking menghimbau agar apa yang menjadi usulan dari warga masyarakat hendaknya disesuaikan dengan jumlah anggaran yang ada dalam anggaran dana desa (dandes) maupun alokasi dana desa sebagaimana tertata pada anggaran 2020 ini.

“Kami berharap pemerintah kampung memperhatikan masalah tertib adminitrasi karena tata cara pengelolaan dana desa maupun pengawasannya sangat ketat oleh pemerintah daerah maupun dari aparat hukum” himbau Lahengking.

“Hendaknya dalam merencanakan dan mengelola ADD dan DD mengedepankan asas transparansi”, tambahnya.

 

Seperti lazimnya rapat ini diakhiri dengan pembacaan keputusan musyawarah setelah rapat berjalan kurang lebih dua jam setengah. Lantas  hasil keputusan ditandatangani oleh enam orang perwakilan masyarakat kemudian keenam orang inilah yang membawa dan memperjuangkan usulan ini ketingkat kecamatan sampai tingkat pemerintah daerah untuk mendapat persetujuan dalam (asistensi) yang dilaksanakan kemudian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here