Embo Helmut Bikin Kejutan Di Tariang Lama

0
785

TARIANG LAMA || Upacara adat TULUDE Jemaat Lahai Roi Tariang Lama Resort Tahuna dilaksanakan pada Minggu 26 Januari 2020 di gedung ibadah yang berlangsung sederhana, mendadak berubah sangat meriah karena dihadiri oleh orang nomor 2 di Kabupaten Sangihe, yaitu Wakil Bupati HELMUD HONTONG.SE.

Embo Helmut, demikian kerap Wabup disapa, datang sekitar pukul 17:10 wita dan langsung disambut secara adat oleh tokoh adat Kampung Tariang Lama bapak S.A TINGKUE.Spd yg adalah kepala sekolah SD YPK tariang lama.

Dalam penggalan sambutannya HONTONG menyampaikan, kearifan lokal yang merupakan interpretasi kecerdasan manusia yang dimiliki oleh kelompok etnis Sangihe diperoleh melalui pengalaman masyarakat, yang berarti kearifan lokal masyarakat Sangihe adalah hasil dan bukti dari sejarah perjalanan panjang kehidupan masyarakat adat Sangihe selama 595 tahun hingga di tahun 2020 ini. Di beranda terdepan NKRI ini bahkan hampir di seluruh daerah di Indonesia, kearifan lokal masyarakat Sangihe yang diwujudkan melalui upacara adat TULUDE masih terus tumbuh subur dan lestari melalui perayaan upacara adat tulude seperti yang kita lakukan hari ini, ungkapnya.

Sebelum melanjutkan ke acara jamuan kasih, wakil bupati yang begitu dekat dengan masyarakat ini membuat kejutan yang tak terduga oleh masyarakat dan Jemaat Lahai Roi Tariang Lama. Terlihat beberapa orang asisten membawa beberapa bingkisan hadiah ke dalam gedung ibadah. Spontan warga masyarakat dan jemaat pun terkejut. Beliau melaksanakan pemberian hadiah ke warga jemaat dengan cara di undi. Acara pemberian hadiah pun belangsung sangat meriah.  Pasalnya Hontong mengambil alih proses pengundian hadiah dan penyerahannya.

Dalam wawancara terpisah saat ditanyai mengenai hadiah tersebut, Helmut hontong, SE mengatakan hadiah tersebut adalah pemberian pribadi dari dirinya. Ia juga mengatakan kiranya acara adat Tulude terus dilakukan demi melestarikan kebudayaan daerah ini.

Embo Helmut juga mengatakan bahwa acara ini adalah bagian dari mensyukuri berkat TUHAN yang sudah kita rasakan di tahun yang lalu, dan mensyukuri berkat yang baru di tahun baru tahun 2020. B

Beberapa undangan dari berbagi unsur pun terlihat hadir, camat Kendahe yang diwakili oleh sekretaris camat Fadli Pontoh.S,Kom,  bersama Kapolsek Kendahe, Ketua resort Tahuna, Pdt. J. Malikama.M.Th dan Sekretaris resort tahuna Pdt D. Adilang.STh turut hadir memeriahkan upacara khas Sangihe ini.

Ibadah syukur dalam upacara adat tulude itu sendiri dipimpin oleh Pdt A. Makasar.MTh. Selaku ketua jemaat lahai roi tariang lama, Pdt. Venli Puasa, STh sangat berterimakasih kepada wakil bupati yang boleh memenuhi undangan jemaat lahai roi tariang lama.

 

Reoprter: Frieg Dareho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here