5 Dari 6 Kepala Daerah Terpilih Pada Pemilukada 2018 Se Sulut, Akhirnya Dilantik Hari Ini

0
219

KOMPAQ.ID. MANADO. Pelantikan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada Pemilukada 2018 di 6 Daerah se Sulut, kini (selasa, 25/9) telah dilaksanakan. Kecuali satu daerah yaitu Kabupaten Kepulauan Talaud yang masih tersandung permasalahan di Makhama Konstitusi. Kelima pasangan Kepala Daerah (Kada) tersebut adalah: Kada Kabupaten Kepulauan Sitaro, Eva Sasingen dan Jhon Palandung; Kada Kabupaten Minahasa, Roy Roring dan Robby Dondokambey; Kada Kabupaten Minahasa Tenggara, James Sumendap dan Joke Legi; Kada Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Depri Ponto dan Amin Lasena; dan Walikota Kotamobagu, Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan.

Pelantikan tersebut sedikit bergeser dari rencana awal sebagaimana dikemukakan oleh Dirjen Otda Kemendagri, Sony Soemarsono yang dilansir melalui Manadopostonline.com. Sebelumnya Soemarsono mengatakan untuk Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu dan Talaud, belum ada jadwal pasti. Namun akhirnya, pelantikan para Kada ini dilaksanakan di Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Utara dengan menghadirkan 5 dari 6 Kada terpilih. Uniknya, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey melantik kelima pasangan Kada yang notabene adalah usungan PDI Perjuangan, partai yang dikomandani Olly di Sulut.

Dari hasil Pemilukada se Sulut, tampaknya preferensi politik pemilih terhadap sosok Kada perempuan kini tidak mengalami perubahan dari periode sebelumnya. Sulut kini masih mengoleksi 5 bupati/walikota atau 33% figur Kepala Daerah Perempuan. Figur-figur tersebut ialah: Tety Paruntu Bupati Minahasa, Voni Panambunan Bupati Minahasa Utara, Yasti Soeprejo Bupati Bolaang Mongondow, Tatong Bara Walikota Kotamobagu dan Eva Sasingen Bupati Sitaro. Sayangnya, Calon Petahana Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud gagal mempertahankan kursinya sehingga quota perempuan pada periode ini tidak bertambah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here