Benarkah Seluruh Unsur Pimpinan STISIP Merdeka Manado Dipecat Oleh Yayasan?

0
241

KOMPAQ.ID. MANADO. Pasca insiden penyegelan Pintu Gedung Akademik STISIP Merdeka Manado yang dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan Yayasan Merdeka pada 3 Juli 2018 yang lalu, kini berbuntut panjang. Kali ini pihak Yayasan menerbitkan Surat Pemecatan Pimpinan, lantas telah menggelar rapat dan membuat struktur pimpinan STISIP yang baru. Namun kebijakan Yayasan tersebut mendapat kritikan dari alumni dan pimpinan STISIP yang sah.

Wakil Ketua Bidang Akademik, Drs Eddy B. Ngenget, M.Si membenarkan dan menyatakan kekecewaannya terhadap pihak Yayasan Merdeka yang dinilai tidak tahu aturan. Menurut Ngenget, pihak Yayasan tidak memiliki wewenang untuk memberhentikan pimpinan yang telah dipilih dan ditetapkan oleh Senat Perguruan Tinggi.

Pemecatan itu adalah keputusan sepihak yang diambil Yayasan tanpa pertimbangan dari Senat Perguruan Tinggi dan Kopertis Wilayah IX. Jadi itu hanya sensasi yang dibuat oleh oknum di Yayasan yang nota bene si oknum itu bukan pemilik atau pendiri yayasan. Mereka menggunakan hak memecat pimpinan berdasarkan pada statuta yang mereka buat sendiri dan belum sah secara hukum. Karena statuta yang mereka andalkan itu belum disahkan oleh pimpinan Perguruan Tinggi dan Kopertis Wilayah IX, tegas Ngenget.

Adapun unsur-unsur pimpinan yang dipecat tersebut antara lain: Ketua: Dr Drs Handrie Dunand Pangemanan, SH MSi, Wakil Ketua Bidang Akademik: Drs Eddy B. Ngenget, M.Si, Wakil Ketua Bidang Kemahaiswaan: Drs Boy Frans, M.Si, Kepala Program Studi: Dra Marjam Pontorondo, M.Si dan Kepala Pangkalan Data, Lukman  Jusuf.

Hingga berita ini diturunkan, Kompaq belum dapat menghubungi salah satu pengurus Yayasan. Kompaq akan terus melakukan investigasi hingga diperoleh keterangan dan proses yang sebenarnya berlangsung. Kiranya pembaca dapat bersabar untuk menunggu liputan mendalam kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here