Bendera Kerajaan Siau Kembali Berkibar Di Istana Merdeka

0
318

KOMPAQ.ID.JAKARTA.KAMIS,16/8/2018. Sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo, setiap kali upacara bendera di Istana Merdeka Jakarta, diselenggarakan Kirab Bendera Kerajaan-Kerajaan se Nusantara. Kerajaan Siau sejak tahun 2017 yang lalu telah terdaftar sebagai salah satu bendera pusaka kerajaan yang diikutkan dalam perhelatan nasional itu. Kala itu bersamaan dengan penyerahan Buku Jejak Leluhur karya Max Sudirno Kaghoo kepada Presiden Jokowi sebagai referensi yang mengulas lengkap ihwal Seka Saka (bendera pusaka Kerajaan Siau). Kontingan Kerajaan Siau yang dipimpin oleh Micojan Bawuna dan Jhon Salele Suoth pada tahun 2018 ini kembali mendapatkan undangan dari pihak istana.  

Micojan Bawuna kepada Kompaq menjelaskan, “Seka Saka itu adalah nama bendera Kerajaan Siau yang diciptakan oleh Raja Winsulangi sewaktu dirinya menjadi raja Siau yang kelima. Pada tahun 2017, Seka Saka telah diikutkan dalam Kirab Bendera Kerajaan Se Nusantara. Kami mendapat undangan untuk kembali ikut dalam kirab nasional”, tutur Mico.

Sementara Jhon Salele Suoth mengatakan, “hubungan baik keturunan kerajaan Siau dengan pihak sekretariat istana kepresidenan telah memungkinan terselenggaranya kegiatan ini. Upaya ini tidak lepas dari hasil dari kerjasama dengan berbagai pihak yang mempunyai rasa kepedualian untuk menggali dan melestarikan karya budaya para leluhur Kerajaan Siau. Olehnya kami patut berterimakasih kepada semua pihak yang turut membantu usaha ini, kata Jhon yang merupakan keturunan raja Siau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here