Camat Bunaken Boy Pandean: Dana Kelurahan Dikelola Baik dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

0
145

MOLAS-BUNAKEN|| Pembangunan di lingkup wilayah Kelurahan kini menjadi lebih maksimal dengan hadirnya Dana Kelurahan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Program Dana Kelurahan merupakan tuntutan lurah se Indonesia pada pemerintahan presiden Joko Widodo yang sejak 2015 telah menggelontorkan Dana Desa. Seluruh lurah di Provinsi Sulawesi Utara saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan kegiatan pembangunan dari Dana Kelurahan untuk segmentasi Kegiatan Pembangunan Infrastruktur dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat.

Kecamatan Bunaken Kota Manado, dengan 5 wilayah Kelurahannya masing-masing mendapatkan alokasi Dana Kelurahan sebesar Rp 1,8 Miliar. Camat Bunaken, Boy Pandean kepada kompaq.id, rabu (27/11/2019) di ruangan kantornya mengatakan, Dana Kelurahan di setiap Kelurahan dibagi menjadi Rp 371 Juta untuk Tahun Anggaran 2019.

“Kecamatan Bunaken mendapatkan Dana Kelurahan sebesar Rp 1,8 miliar yang dibagi kepada 5 kelurahan dimana setiap kelurahan mendapatkan Rp 371 Juta untuk tahun 2019. Dana Kelurahan ini merupakan perdana, berbeda dengan Dana Desa yang sudah bertahun-tahun lamanya. Ternyata Dana Kelurahan ini sangat membantu sekali untuk kegiatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan-kelurahan”, kata Pandean.

Dijelaskan juga pembangunan infrastruktur di setiap Kelurahan meliputi pembangunan jalan dengan pavin block dan pengadaan air bersih. Ada juga pembiayaan untuk kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Pembangunan terkait infrastruktur di kelurahan meliputi pembangun jalan pavin block dan pengadaan air bersih. Ada pula pembiayaan untuk kegiatan-kegiatan seperti di Kelurahan Tongkeina. Disana masyarakat diberikan ketrampilan kerajinan tangan, membuat pernak-pernik dari bahan tempurung kelapa dan bahan baku lainnya menjadi bunga. Ada juga kegiatan-kegiatan pembinaan melalui PKK dan pembinaan budaya Bantik seperti di Kelurahan Meras” tambah Pandean.

Pembangunan yang bersumber dari Dana Kelurahan ini dilakukan pencairan dananya sebanyak dua tahap. Saat ini baru di tahap pertama. Dalam waktu dekat akan segera dicairkan tahap kedua.

“Sampai saat ini baru dikucurkan dana tahap pertama. Nanti di tahap kedua akan dikucurkan ketika sudah menyampaikan laporan realisasi atau pertanggungjawaban tahap pertama”, tutup Pandean.

Camat Boy Pandean merasa sangat bersyukur karena dengan adanya Dana Kelurahan, maka kebutuhan masyarakat di Kelurahan akhirnya mendapatkan pelayanan public yang memadai. Karena itu dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat, Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Wakil Presiden Maaruf serta kepada Pemerintah Kota Manado, Bapak Walikota Vicky Lumentunt dan Bapak Wakil Walikota Manado, Moor Bastian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here