Camat Wori, Edward Tamamilang, SE turun tangan dalam kasus rekrutmen perangkat desa Wori

0
161
Camat Wori, Edward Tamamilang, SE

WORI – MINUT || Pelaksanaan perekrutan perangkat desa kini banyak menimbulkan persoalan-persoalan pelik di masyarakat. Mekanisme dan regulasi yang sudah di keluarkan oleh pemerintah pusat dan daerah kini dipelitisir oleh oknum-oknum kepala desa dengan malanggar sebagian aturan yang menjadi acuan dan dasar pelaksanaan kegiatan kegiatan di desa.

Baru-baru ini saat awak media Kompaq.id melakukan peliputan ke Desa Wori. Tim ekspedisi Desa Kompaq menemukan masalah dalam pelaksanaan perekrutan dan rekrutmen perangkat desa yang menyalahi aturan yang diatur oleh Perbup no 17 tahun 2019.

Atas dasar itu Lembaga BPD Desa wori mempertanyakan kebijakan yang di ambil oleh Hukum Tua Wori yang mengambil inisiatif sendiri tanpa harus melakukan koordinasi dengan BPD. Pasalnya, menurut BPD tahapan-tahapan pelaksanaan rektrutmen perangkat desa tidak sesuai dengan regulasi, sehingga mereka mempertanyakan kebijakan Hukum Tua Wori, Rommy Maramis.

Sehingga dengan menuntaskan masalah itu Camat Wori Edwar Tamamilang, SE melakukan musyawarah bersama antara Pemerintah Desa dan BPD Desa Wori. Akhirnya ada kesepakatan bersama yaitu melakukan kembali pelaksanaan rekrutmen dengan melaksanakan musyawarah dengan masyarakat.

“Kami bukan menolak atas kebijakan yang diambil oleh beliau dalam hal ini hukum tua, cuma yang menjadi persoalan adalah kami lembaga BPD bermaksud untuk supaya semua pelaksanaanya harus sesuai dengan pedoman-pedoman pelaksanaan dalam hal ini Perbup No 17 tahun 2019 agar tidak akan persoalan yang timbul nanti di masyarakat. Sebagai lembaga yang diberi amanat untuk melaksanakan pengawasan, monitoring, dan evaluasi bagi pemerintah Desa. Sehingga kami diharuskan untuk melaksanakan amanat undang-undang dan regulasi lainya” ujar perwakilan BPD Wori yang namanya enggan disebutkan.

Hukum Tua Wori, Rommy Maramis saat disambangi kompaq.ID enggan memberikan komentar dan lansung menghindar saat dimintai keterangan.

Camat Wori, Edward Tamamilang, SE saat dimintai keterangan sebagai inisiator musyawarah antara Hukum Tua dan BPD berharap agar masalah di desa-desa se-Kecamatan Wori dapat diselesaikan dengan baik.

“Saya berharap kiranya para Kepala Desa melaksanakan semua aturan dan sangat hati hati dalam mengambil kebijakan dan keputusan agar tidak menimbulkan masalah nanti. Saya berkeinginan supaya semua desa-desa di Kecamatan Wori ada kemajuan dan bagi kepala desanya mampu mengelola semua kegiatan baik danah desa dengan hati-hati” ujar Tamamilang di ruangannya.

Penulis: Steven Laluas
Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here