Data mobilitas penduduk kampung Laghaeng belum update

0
169
Pantai Kampung Laghaeng

LAGHAENG – SIBARSEL || Pembangunan desa berbasis data akan memberi manfaat yang sangat baik bagi proses perencanaan sampai evaluasi dan monitoring bahkan pengukuran progres pembangunan desa. Sebab tanpa data atau lemahnya data, akan sulit diketahui perkembangan atau kemunduran suatu giat pembangunan.

Kampung Laghaeng di Kecamatan Siau Barat Selatan Kabupaten Kepulauan Sitaro memiliki jumlah penduduk sebesar 617 jiwa yang tersebar di 3 Lindongan, dengan jumlah 246 jiwa penduduk menetap di lindongan satu, 226 jiwa penduduk di lindongan dua dan 145 jiwa penduduk di lindongan tiga.

Populasi di atas merupakan data populasi penduduk yang tercatat pada masa tahun 2018 kemarin. “Populasi dan mobilisasi penduduk tahun 2019 belum ter-update karena sedang menunggu pemutakhiran data selanjutnya”, terang operator Kampung Laghaeng saat dikonfirmasi oleh kru Kompaq.ID pada selasa, 09/07/2019 kemarin.

Sementara itu, jika melihat pola penggunaan tanah maka penggunaan tanah di Kampung Laghaeng sebagian besar diperuntukkan untuk tanah pertanian dan perkebunan. Sedangkan yang lainya untuk pemukiman dan fasilitas umum.

Terdata juga kondisi sarana dan prasarana umum Kampung Laghaeng terdiri dari 1 kantor kampung, 1 jalan kabupaten, 1 jalan kampung, 1 jalan kecamatan, 4 gereja dan 2 gedung sekolah dasar.

Jika disinggung soal pembangunan infrastruktur pembangunan fisik dan sosial, sejak dari 2015 sampai sekarang belum dapat dipublikasikan karenakan kapitalau Kampung Laghaeng, Leideman Serang sedang tidak berada di tempat untuk dikonfirmasi.

Penulis: Igel Gahagho
Editor: NIa Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here