Desa Kalekube bermuasal dari Pelepah Pinang

0
235

KALEKUBE SATU-TABUKAN UTARA|| Nuansa lebaran masih sangat kental saat saya bercakap-cakap dengan Kapitalau perempuan di Kampung Kalekube Satu, Kosmida Mabiang. Bahkan sempat dijamu jamuan makan bersama sekretaris Kampung, Saiful Ridwan Barijah dan beberapa perangkat lainnya.

Di sela-sela silahturahmi itu Ridwan mengisahkan ihwal penamaan Desa Kalekube. Ternyata nama desa yang kini telah terbagi menjadi dua itu berasal dari nama salah satu bagian dari pohon pinang, yaitu pelepahnya.

“Dahulu kala Kalekube merupakan daerah yang banyak ditumbuhi tanaman pinang. Dimana-mana sering dijumpai pelepah pinang. Dalam bahasa Sangihe pelepah pinang ini disebut kalekube. Demikianlah nama itu menjadi nama kampung hingga kini”. kata Saiful Ridwan Barijah.

“Desa Kalekube Satu sendiri resmi berdiri sejak pada 19 Juli 2006, merupakan pemekaran dari Kalekube Induk” kata Kapitalaung Kosmida.

Wanita kelahiran 17 Maret 1972 itu merunut nama-nama Kapitalaung yang memerintah sebelum dirinya.

“Pada pemerintahan periode 2006-2010 Kalekube Satu dipimpin Maximus Jonas, kemudian masyarakat memilih Sudirman Sirih memerintah pada periode 2010-2016. Setelah itu Maximus Jonas kembali diangkat menjadi pejabat sementara selama 1 tahun pemerintahan. Sesudah itu diangkatlah lagi Saiful Ridwan Barijah menjadi pejabat sementara untuk periode 2017-2018. Dan akhirnya, setelah dilakukan pemilihan pada tahun 2018, Kosmida Mabiang terpilih menjadi Kapitalaung hingga sekarang” tutupnya.

Penulis: Dendy Abram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here