Dokter Edward Mendeng: Puskesmas Salili, Dari Upaya Swadaya Menjadi Akreditasi Madya

0
149

SALILI-SITENG|| Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Sitaro semakin hari terlihat adanya perkembangan dan kemajuan dari sisi infrastruktur maupun pelayanannya. Salah satu indikasi adanya kemajuan itu terdeteksi dari situasi Puskesmas Salili yang terletak di Kampung Salili Kecamatan Siau Tengah.

Puskesmas yang melayani warga dari empat kampung tersebut memiliki sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang tergolong cukup memadai. Saat disambangi awak media ini, Kepala Tata Usaha Puskesmas Salili, Reyske Bukasiang mengatakan, Puskesmas Salili hingga saat ini sudah berbenah dan melakukan pelayanan yang maksimal.

“Puskesmas Salili ini sudah menggunakan family folder. Artinya setiap keluarga telah memiliki catatan medic yang dikategorikan menurut desa dengan warna berbeda. Disini terdapat ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang menangani pasien ketika darurat. Sehingga tidak perlu ke ruang pendaftaran lagi”, tutur Bukasiang.

Ditambahkannya, “Pasien yang melakukan pemeriksaan umum terlebih dahulu ke ruang pemeriksaan umum untuk melakukan pendaftaran. Sedangkan ruang khusus untuk menangani ibu hamil ada di ruang imunisasi. Apabila ada pasien yang didiagnosa oleh dokter memiliki penyakit yang agak lama, sehingga butuh pemeriksaan laboratorium, maka disini tersedia juga laboratorium sederhana. Selain itu, Puskesmas ini sudah dilengkapi dengan apotik, sehingga pasien dapat memperoleh obat sesuai dengan resep dokter” imbuhnya.

Kepala Puskesmas Salili, Dokter Edward Mendeng, kemarin, Selasa, 29/10/2019 kepada Kompaq.ID mengatakan, “Puskesmas Salili melayani warga dari 4 kampung di Kecamaatan Siau Tengah dengan jumlah penduduk sekitar 1900an jiwa. Puskesmas Salili memiliki 22 pegawai terdiri dari tenaga perawat umum, bidan, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga promosi kesehatan atau tenaga kesehatan masyarakat, tenaga gizi dan tenaga administratif”, terang Mendeng.

Dokter Mendeng juga menginformasikan bahwa sejak awal Oktober 2019 telah dilakukan survey akreditasi oleh Komisi Akreditasi Puskesmas Kementrian Kesehatan RI, dan pada hari Kamis pekan lalu, pihaknya memperoleh kabar bahwa Puskesmas Salili telah mendapatkan status akreditasi madya.

“Awalnya Puskesmas ini dibangun secara swadaya dan lama kelamaan ada bantuan pemerintah sampai akhirnya mendapatkan status akreditasi madya” tutup Mendeng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here