DPC PDIP Minsel Resmi Laporkan 2 Akun Penyebar Hoax

0
306

Minsel || KOMPAQ.ID – Terkait berita hoax tentang kematian Presiden ke 5 Ibu Megawati Soekarnoputri, pimpinan DPC dan fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kabupaten Minahasa Selatan yang dikomandoi oleh Stefanus Lumowa melaporkan akun media sosial penyebar informasi palsu atau hoax yang menyebut Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri meninggal dunia. Laporan dibuat di kepolisian resort Minahasa Selatan pada Senin, 20 September 2021.

“Jadi kami hari ini resmi melaporkan dua akun penyebar hoax yang sudah diterima oleh Kompol Eddy Saputra sebagai Wakapolres Minsel”, ucap Lumowa saat diwawancarai media ini.

“Keduanya disebut membuat video rekayasa seolah-olah membenarkan tentang rumor kematian ibu Megawati”, ucap pimpinan Partai berlambang banteng di kabupaten Minsel.

Sebelumnya beredar sebuah sebuah video viral di Tik Tok yang menarasikan Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri meninggal dunia.

Menurut pantauan kompaq.id, melalui berbagai sumber setelah diisukan sakit, kabar Megawati meninggal dunia yang diunggah oleh akun Tik Tok, @jatim070881 tersebut adalah hoax.

Pengurus DPC dan Fraksi

Video itu menunjukkan beberapa cuplikan gambar Megawati yang disertai narasi suara video yang berbunyi PDIP berduka cita atas meninggalnya Ketua Umum PDIP yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri.

Adegan berlanjut dengan gambar politisi PDIP Henry Yosodiningrat menyampaikan belasungkawa dari para politisi dari PDI atas perjuangannya dan mereka yang banyak belajar dari almarhum yang turut meninggalkan kesan dan kenangan yang sangat baik sangat mendalam.

Video asli dari potongan video tersebut merupakan ucapan belasungkawa Henry atas meninggalnya Nazarudin Kiemas, yang merupakan adik dari almarhum Taufik Kiemas, suami Megawati Soekarnoputri.

Video asli itu telah diunggah akun Youtube Lintas Parlemen dengan judul Bukan hanya PDIP Berduka-INDONESIA pun IKUT BERDUKA dan merupakan video lama yang diunggah pada 5 April 2019.

Hadir juga dalam pengaduan tersebut beberapa politisi PDIP yang duduk di dewan Minsel antara lain Elsje Rosje Sumual yang juga adalah istri dari Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH, Verke BJ Pomantow, Frangki Lelemboto, Jerry Pangkey, Mahchritje Rita Lolowang, Meyfy Merci Karuh, SH, Franky M. M. Lengkey, Jhonly Ombeng dan Seidy Lintong sebagai sekretaris partai. (Britmi)

Advertisement