Pemerintah kota manado senin siang, 17/2/2020 dalam Musyawarah Rencana Pembangunan di Kecamatan Bunaken menyampaikan beberapa hal penting berkaitan dengan supporting bagi pemerintah kelurahan dan kecamatan untuk memberi ruang bagi masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam mengusulkan rencana pembangunan di setiap kelurahan dan kecamatan.
Musrenbang yang dihadiri oleh sejumlah kepala SKPD ini dibuka oleh Camat Bunaken, Drs Boy Pandean dan dihadiri pula oleh tiga dari tujuh anggota DPRD Kota Manado dari Dapil Tuminting Bunaken.

Kesempatan ini digunakan semaksimal mungkin oleh Kepala Bapelitbang Kota Manado, Dr Ir Liny Tambajong untuk mensosialisasikan berbagai kiat Pemkot Manado dalam mewujudkan pelayanan public secara maksimal.

Selalu tampil energik, Tambajong memberi penjelasan tentang manfaat Musrenbang. Ia berharap melalui Musrenbang, warga dapat mengusulkan program-program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Ia berharap agar masyarakat dapat mengusulkan rencana pembangunan ruang terbuka hijau dan menganjurkan masyarakat membuat sumur resapan atau biopori.

Dalam kaitan dengan Dana Kelurahan, Liny mengatakan, “dari 87 kelurahan se kota Manado, telah dibangun kurang lebih 40an Taman Baca, yang bermanfaat bagi pengembangan budaya literasi bagi anak-anak di setiap kelurahan.

Liny menegaskan, Dana Kelurahan hendaknya dapat dikelola untuk mendorong berlangsungnya pemberdayaan masyarakat, sehingga setiap kelurahan dapat melahirkan pioner-pioner yang menjadi teladan bagi masyarakat dalam memanfaatkan lingkungan hidup sekitarnya secara kreatif, dan berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Kaban Liny mengajak masyarakat untuk melakukan Gerakan Menanam dengan memanfaatkan ruang yaitu lahan tidur yang tidak dikelola oleh pemilik lahan.

Kaban Bapelitbang juga membeberkan sejumlah contoh yang telah menjadi sukses dalam pemanfataan dan pengelolaan lingkungan hidup yang pernah dilakukan oleh sejumlah orang di kota manado.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here