Eddy Salindeho: Boulevard Ulu Siau Bakalan Selalu Ramai Sepanjang Agustus

0
232

KOMPAQ.ID.ONDONG SIAU. Kamis, 9/8/2018. Pagelaran seni dan budaya mewarnai Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro). Peringatan HUTRI ke 73 kali ini, Pemda lewat Panitia Peringatan Hari Besar Nasional akan menggelar lomba kegiatan seni dan budaya antar pelajar se Kabupaten. Lomba ini akan dipusatkan di Boulevard Ulu Siau Kelurahan Tarorane. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sitaro Kamis (9/8) bertindak selaku koordinator kesenian, kepada Kompaq mengatakan, seluruh kegiatan akan kami pusatkan di Boulevard Ulu. Sehingga setiap pekan Kota Ulu akan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, kata Salindeho.

Kegiatan-kegiatan seni dan budaya dari tahun ke tahun tampaknya terus menerus digalakan oleh Kepala Dinas yang sudah sarat pengalaman memimpin beberapa SKPD ini. Kegiatan yang akan digiatkan antara lain: lomba masamper, lomba bintang vokalia, lomba memoto tamo (memotong kue adat), lomba tari kreasi baru dan lomba tari empat wayer.

Bupati Sitaro Toni Supit melalui Panitia dalam hal ini disampaikan oleh koordinator kesenian Eddy Salindeho menyampaikan, adapun tujuan lomba ini adalah mengembangkan, melestarikan dan merevitalisasi seni dan budaya daerah. Pada gilirannya berimplikasi terhadap terjalinnya hubungan kerjasama, memupuk semangat dan sportivitas dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu menjadi wadah bagi masyarakat untuk menggali dan menyalurkan potensi, minat dan bakat serta mengembangkan kompetensi dan prestasi dalam bidang seni, tari dan olah vocal yang berbasis pada budaya daerah, kata pria yang hobbinya menyelam ini.

Salindeho dalam kepemimpinannya selaku Kepala Dinas Pariwisata terus menerus menorehkan giat yang mampu mengundang simpati wisatawan. Beberapa sanggar tampaknya menjadi bergairah melakukan pentas. Destinasi-destinasi baru beberapa telah berhasil diberi nama spot-nya setelah Salindeho menjadi Kadis. Nama-nama spot penyelaman misalnya, itu diberikan kepada pengunjung sebagai imbalan atas jasa kunjungan mereka. Sehingga menjadi motivasi bagi wisman untuk mengajak rekan-rekan mereka ke Negeri 47 Pulau itu. Salindeho mengemukakan gagasannya untuk melakukan pengibaran bendera merah putih dan seka saka (bendera kerajaan Siau) di dalam laut, saat peringatan HUT RI ke 73 ini. Saya akan memimpin penyelaman bersama Wisman dan mengibarkan Sang Saka dan Seka Saka di Laut Sitaro, beber Salindeho.

Laporan: Heriwan Kasiahe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here