Hari Ini Renovasi Makam Raja Jacob Ponto Di Cirebon Telah Diresmikan

0
219

KOMPAQ.ID. SANGKANURIP-CIREBON. Satu lagi monumen bersejarah milik masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro berhasil direnovasi oleh keluarga dan kerabat mendiang raja. Monumen dimaksud adalah Makam Raja Jakob Ponto yang berada di Dusun Pahing, Sangkanurip Kabupaten Kuningan, Cirebon. Monumen yang sejak lama dirawat oleh Bapak Kancil dan diteruskan oleh cucunya itu, kini mendapat perhatian serius dari keturunan Kansil dan Ponto yang berada di diaspora.

Makam yang kerap menjadi lokasi upacara warga Dusun Pahing dalam rangka peringatan hari kemerdekaan RI tersebut, pada hari ini Jumat, 28/9 baru saja diresmikan oleh Danlanal Cirebon, Letkol Yustinus Rudiman dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan. Bangunan makam telah direnovasi selama sebulan oleh Keluarga Mayjen (Purn) Marinir Frans Kansil. Pengresmian atas pemugaran kembali situs budaya ini turut dihadiri pula oleh tokoh adat Sultan Sepuh Cirebon, Raden Mohtar dan Raden Bono, Kapolres Kuningan, Dandim Kuningan, Camat Kuningan dan Kepala Desa Sangkanurip, serta keluarga besar Ponto dari Bolaang Mongondow, Siau dan Minahasa.

Hajatan penuh khidmat ini berlangsung selama kurang lebih dua jam. Sekda Kuningangan dalam sambutannya mengatakan, agar kita terus memelihara dan merawat warisan leluhur demi persatuan Indonesia. Diusulkan agar Raja Siau Jacob Ponto dapat diajukan menjadi salah satu Pahlawan Nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here