Hasil Polling Aplikasi Strawpoll: Arthur Kotambunan Bacaleg PDIP Teratas

0
217

KOMPAQ.ID//MANADO//2/8/2018. Kemarin sore Rabu (1/8) sekira pukul 16.00 wita, Kompaq.id mengundang Arthur Kotambunan untuk berdiskusi di Kantor yang terletak di Marina Plaza. Selama kurang lebih dua jam, beliau berdiskusi dengan kru media online kami dengan topik terkait pencalonan dirinya melalui PDI Perjuangan. Politisi senior berlatar Partai Damai Sejahtera pada Pemilu dua dekade lalu itu, nampak begitu sigap menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis awak media. Arthur yang diketahui bukan sebagai kader PDI Perjuangan, sudah jelas akan mendapat banyak rintangan dalam memperjuangkan dan mempertahankan posisinya dalam Daftar Calon Sementara, yang tidak lama lagi akan ditetapkan menjadi Calon Tetap. Dari wacana yang tengah berkembang di media sosial, tampaknya orang kepercayaan Gubernur Olly Dondokambey itu sedang menjadi sorotan para warga net. Itu lantaran dirinya menjadi yang terpopuler versi polling yang dilakukan melalui Aplikasi Strawpoll. Padahal, beliau bukan politisi yang tergolong muda dan bergaya laiknya style pemuda dari generasi milenial. Lalu kenapa ia begitu popular bahkan mampu bersaing dengan Bakal Calon yang lebih muda?

Polling Strawpoll itu menyingkap pilihan pendapat dari 881 total votes. Hingga pukul 16.00 kemarin, pantauan kami Arthur Kotambunan terus melejit hingga di angka 32,12%, lalu disusul berturut-turut oleh Richard Sualang, Sesty Sambul, Andre Angow, Sisca Tangkulung, Agustine Kambey, Tedy Kumaat dan Hilman Idrus. Meski secara metodik polling tersebut masih sangat debatable, akan tetapi pada dimensi lain, khususnya dalam interaksi sosial melalui dunia maya, jelas terlihat adanya preferensi politik warga yang melek teknologi. Dengan demikian, setidaknya pada segmentasi pemilih Kota Manado yang paham soal pencitraan melalui medsos, Arthur Kotambunan masuk dalam kategori figur yang mampu menembus citra terbaik melalui penggunaan aplikasi teknologi yang tergolong canggih. Pendekatan ini dapat dipoles menjadi langkah tak tis untuk meraih popularitas yang pada gilirannya dapat membentuk elektabilitas yang signifikan di kemudian hari.         

Ketika ditanyai mengenai keseriusan Arthur untuk bertarung dalam Pemilu 2019, pria matang itu mengatakan dirinya harus selalu loyal kepada pimpinan partai yang mengusungnya. Saya harus loyal pada Gubernur.  Beliau selaku Ketua DPD PDIP mempunyai hak untuk menentukan maju tidaknya diri saya. Karena saya diperintahkan untuk menyiapkan dokumen pencalonan sebelum DCS dan sewaktu-waktu apabila diminta oleh Gubernur untuk mundur dari DCS, saya harus siap, dan saya harus loyal, tutup Arthur.

Laporan: Giovani Manatar 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here