Inilah nama-nama para penggagas Kampung Biau

0
227
Kantor Kampung Biau Kecamatan Siau Timur Selatan Kabupaten Kepulauan Sitaro

BIAU – SITIMSEL || Sekitar abad ke XIX pada suatu tempat di Pulau Siau bagian Timur Selatan, tumbuh sebuah pohon yang dinamakan dengan pohon biau. Pohon biau adalah sejenis pohon kemiri. Tempat ditumbuhi pohon biau, sekarang ini telah menjadi sebuah kampung yang dinamakan Biau.

Di waktu itu ada datuk-datuk yang membuka tempat dimana pohon itu tumbuh. Mereka ialah Datuk Kumi yang berasal dari Deahe, Datuk Kowo yang berasal dari Kanawong (Siau Barat), Datuk Samuri berasal dari Akesimbeka (Ulu) dan Datuk Daroi yang berasal dari Ondong (Siau Barat). Keturunan merekalah yang menjadi penduduk Biau mula-mula, atau bisa dikatakan mereka adalah leluhur Orang Biau.

Pemerintahan mula-mula di Desa Biau ada di bawah kendali pemerintah Desa Sawang. Hal ini disebabkan karena Biau belum memenuhi persyaratan untuk menjadi sebuah desa yang berdiri sendiri. Hal ini berlangsung sejak Kerajaan Siau dipimpin oleh Raja Umboliwutang sampai pada pemerintahan Raja Mohede yakni antara tahun 1908-1913.

Awal mula Desa Biau berdiri sendiri adalah saat Kerajaan Siau dipimpin oleh Raja Bogar yaitu pada tahun 1913 – tahun 1918. Beberapa tokoh masyarakat yang menjadi penggagas dilakukannya pemekaran ini antara lain:

1. Kamalaheng atau yang disebut juga Opo Wetu sebagai Hukum Mayor
2. Jacob Dumendehe alias Opo Nambe sebagai Hukum Mayor
3. Mandak Pidar alias Opo Labo
4. Jacob Kahuweka alias Opo Kanento sebagai tabib desa
5. Pilemon Kasusi sebagai penolong injil.

Mereka mengajukan permohonan kepada Raja Bogar melalui Kepala Desa Sawang agar Desa Biau dimekarkan dan mempunyai pemerintahan sendiri. Dan akhirnya permohonan ini dikabulkan, sehingga pada tahun 1913 Biau diakui sebagai desa yang berdiri sendiri namun Kepala desa harus ditunjuk langsung oleh Raja. Karena pada waktu itu semua keputusan berada ditangan raja.

Penulis: Cendry Horonis
Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here