Kalekube 1: Masyarakat dan Kades Saling Menopang dalam Pembangunan Desa

0
137

KALEKUBE 1 – TABUKAN UTARA || Rapat Musrembang yang membahas Rencana Kerja Pemerintah untuk tahun 2020 dan Penggalian Usulan Rencana Kerja tahun anggaran 2021 di Desa Kalekube 1 berjalan dengan baik. Rapat dihadiri oleh Tim Kerja Kecamatan, MTK serta anggota, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat dari tiap lindongan.

Dimulai pada pukul 15.00 WITA, rapat dibuka dengan sambutan dari Ketua Majelis Tua Kampung (MTK), Mahmud Malomis, S.Pd. Beliau mengajak masyarakat desa untuk terus aktif dalam setiap pertemuan yang dilaksanakan oleh desa “Jangan pernah lelah ikut Musrenbang, usulan diterima atau tidak itu urusan nanti. Yang terpenting kita sudah hadir berpartisipasi dalam membangun desa melalui hal-hal seperti ini”

Masyarakat yang hadir dari tiap lindongan pun mengutarakan saran dan usulan kegiatan guna pembangunan didesa mereka. Salah satu warga mengutarakan pembangunan talud pengaman sungai, namun usulan tersebut tidak bisa dilakukan karena membutuhkan biaya yang besar. Warga lainnya mengusulkan penambahan pipa untuk sarana air bersih guna menopang aktivitas masyarakat.
Selama rapat berlangsung Pemerintah Desa Kalekube 1 terus mencatat apa yang menjadi saran dan usulan dari masyarakat setelahnya dilakukan perangkingan berdasarkan kebutuhan didesa.

Adapun sambutan dari yang mewakili Tim Kerja Kecamatan Tabukan Utara, Ahmad Yani Salapali selaku Kepala Sub.Bagian Program Keuangan dan Pelaporan bertutur bahwa pembangunan yang dilakukan didesa jangan hanya berfokus pada pembangunan fisik saja, tapi cobalah untuk membangun SDM (Sumber Daya Manusia).
“Mulailah dari pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)” imbuhnya.

Diakhir rapat Kepala Desa Kalekube 1 Kosmida Mabiang mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran masyarakat yang mau mamberi waktu untuk hadir dalam Musrenbang. Kades sangat mengharapkan topangan dan kerjasama dari masyarakat dalam membangun desa.
“Meskipun kami bekerja keras tapi jika tidak dibantu oleh masyarakat, membangun desa akan terasa berat” tutup kades.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here