Kampanye Digital Melalui Mata Caleg, Solusi Kampanye Modern, Hemat dan Efektif

0
256

KOMPAQ.ID. MANADO. Kampanye konvensional membutuhkan cost yang sangat besar dan kerja pengorganisasian yang rumit. Kadangkala menjadi tidak terukur karena sulit mengontrol berfungsinya seluruh perangkat kerja dan kelemahan instrument pengukuran hasil. Kesulitan-kesulitan itu kini dapat diatasi dengan bantuan teknologi yang memudahkan para politisi untuk mencapai tujuan pemenangan. Solusinya adalah Kampanye Digital.

PT Selo Aheng Utara selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan penerbitan aplikasi komputer, telah menciptakan modul android untuk Kampanye Digital. Kampanye Digital barangkali baru dikenal di era sekarang. Saat ini, ada lebih dari 144 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Lebih dari 120 juta orang terkoneksi dan berinteraksi di sosial media. Mereka menghabiskan waktu 8 jam perhari untuk mengakses internet.84% pengguna internet adalah usia produktif, yaitu 19-54 tahun. Era Digital bukan lagi masa depan. Sekaranglah Era Digital. Dimana segala yang berbentuk konvensional, analog dan manual mulai ditinggalkan. Beralih menjadi era digital yang serba otomatis, cepat, dan terukur.

Karakter pemilih sekarang berbeda dengan sebelumnya. Pemilih saat ini lebih rasional, memilih karena visi, misi, dan program. Mereka tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu SARA. Pemilih saat ini juga lebih menyukai calon yang cerdas, santun, dan berkarakter.  Selain itu secara sosiologis, pemilih saat ini menyukai calon yang lebih dekat. Bukan dekat secara fisik, melainkan dekat karena mudah berkomunikasi dan mendengar setiap keluhan dari pemilihnya. Dan, Kampanye Digital adalah program yang paling tepat dan harus digunakan oleh setiap calon anggota legislatif.

PT Selo Aheng Utara menciptakan Kampanye Digital dalam bentuk Program Aplikasi Mata Caleg. Mata Caleg adalah media Kampanye Digital yang dirancang untuk membantu Caleg dalam menerapkan 8 fungsi menuju pada pemenangan. Ke-8 fungsi tersebut adalah 1) Fungsi rekrutmen relawan, 2) Fungsi Pencitraan caleg, 3) Fungsi Canvasing atau pemasaran kampanye yang dilakukan dengan metode door to door, 4) Fungsi Tagging untuk menandai titik-titik pemasangan atribut kampanye Caleg, 5) Fungsi Advocating untuk mengumpulkan saksi dan bukti terhadap pelanggaran Pemilu, 6) Fungsi Survey untuk mengetahui popularitas dan elektabilitas seluruh peserta Pemilu, 7) Fungsi Quick Count untuk mengetahui dengan cepat kemungkinan pemenangan dan 8) Fungsi Real Count untuk pengamanan hasil dari peserta pemilu.

Program Mata Caleg rencananya akan diluncurkan pada 20 September 2018, bersamaan dengan penetapan Daftar Calon Tetap dan efektif berjalan sesuai dengan tahapan kampanye yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apa keunggulan program ini? Langkah pertama adalah membuat website anda seprofesional mungkin. Karyawan PT Selo Aheng akan menjadi mentor untuk kerja konsultansi.

Website itu ibarat kantor anda. Dengan Mata Caleg, Citra anda sangat ditentukan  dari kualitas web anda. Dalam Mata Caleg anda bisa melihat progress pencitraan, progress popularitas dan elektabilitas, progress dukungan hasil canvasing, menghitung cepat dan menghitung real perolehan suara Anda pada saat pemungutan suara. Dalam Mata Caleg anda dapat mengupdate informasi setiap saat anda menghendakinya. Dapat pula menyajikan berita, dokumentasi kegiatan kampanye lapangan dan sosialisasi parpol, membuat sebanyak mungkin atribut tanpa keluar biaya pemasangan di lapangan. Informasi selalu dapat tersaji secara baru. 

Pembaca website tidak datang dengan sendirinya. Anda perlu mendistribusikan materi kampanye melalui Sosmed seperti facebook dan Instagram. Karena sosmed adalah tempat berkumpulnya netizen. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan waktunya terbesar untuk membuka sosmed. Pertemanan anda di sosmed ada batasnya. Tapi ada cara memperbesar jangkauan pembaca melalui iklan. Di sosmed tersedia fitur iklan yang bertujuan agar materi kampanye dapat terdistribusi luas. Kampanye zaman now wajib menggunakan fitur ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here