Kampung Bandil, labuhan yang terlahir dari dua induk

0
422
Kampung Bandil Kecamatan Siau Timur Selatan. Fotografer Stif Lahengking

SAWANG BANDIL – SITIMSEL || Sawang Bandil adalah kampung hasil dari pemekaran dua kampung yaitu Desa Sawang Induk dan Desa Biau pada tahun 1997. Bagian dari dua desa yang menjadi Desa Sawang Bandil adalah lindongan satu (1) dari Desa Sawang Induk dan lindongan satu (1) dari Desa Biau.

Sekarang Kampung Sawang Bandil memiliki tiga lindongan dengan luas wilayah 175 hektar dan jumlah penduduk sebanyak 584 jiwa yang terdiri dari laki-laki 302 jiwa, dan perempuan sebanyak 282 jiwa.

Kampung ini memiliki wilayah sebelah timur berbatasan dengan laut, sebelah selatan berbatasan dengan Kampung Biau, sebelah utara berbatasan dengan Kampung Sawang dan sebelah barat berbatasan dengan Kampung Makoa.

Sedangkan dokumen sejarah pemerintahan mencatat, kepala desa pertama adalah Vrits Manopo yang mulai menjabat dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2000. Lalu kembali dipercayakan menjabat di periode kedua yakni tahun 2000 sampai tahun 2006 dan terakhir dari tahun 2006 sampai 2012.

Setelah kurang lebih 15 tahun memerintah, ditahun 2012 pemerintah daerah mengangkat pejabat sementara yakni Jems Gumabo. Gumabo menjabat hanya 3 bulan, lalu digantikan oleh R. Sambendatu dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2018. Setelah Sambendatu, Sans Dumendehe didaulat menjadi Kapitalau desa Sawang Bandil dari tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Kapitalau Kampung Bandil, Sans Dumendehe

Semasa kepemimpinan dari R. Sambendatu, beliau membangun infrastruktur di desa. Berikut ini adalah pembangunan infrastruktur yang meliputi pembuatan jalan setapak, pembangunan kantor desa, pembangunan talud, drainase lindongan 3, berusaha meyediakan air bersih. Lalu setelah beliau digantikan oleh Sans Dumendehe, kapitalau baru ini melanjutkan program kerja yang telah dirintis sebelumnya yakni seperti pembangunan sekolah TK, pembangunan talud penahan tanah dan lain sebagainya.

Tahukah kamu apa artinya Bandil?
Menurut Kapitalau Desa Sawang Bandil, Bandil memiliki arti yaitu “tempat berlabuh” atau ada juga yang mengartikan bandil sebagai “tempat berlabuh yang aman”.¬†Arti kata Bandil ini juga menggambarkan kondisi desa yang berada di tepi pantai. Ya, Sawang Bandil adalah sebuah tempat yang aman untuk berlabuh.

Penulis: Cendry Horonis
Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here