Kampung Batunderang kian berkembang

0
131

TAHUNA-SANGIHE||Disela-sela acara Bimtek Siskeud, rabu lalu, Kepala Desa Batunderang menceritakan keberadaan pembangunan di desa yang dipimpinnya. Heraksi Mananohas namanya. Pria berusia 63 tahun ini masih terlihat segar mengikuti kegiatan.

Opla bertutur mengenai perkembangan di desanya yang sangat baik dengan adanya Dandes. Tidak seperti sebelum ada dandes, katanya. Bahkan Opla mengatakan begitu banyak bantuan yang bisa diperoleh sekarang ini.

Adapun bantuan dari hasil kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan, berimbas pada Desa Batunderang yang mendapatkan kesempatan menerima bantuan-bantuan berupa tenaga surya 11 unit dan Jalan setapak 120 meter dan setapak lainnya 300 meter. Ada juga bantuan bersumber dari provinsi yang semuanya sudah masuk ke desa yang dipimpinnya.

Saat ini Kades sementara berjuang untuk bantuan tambatan perahu dari pusat, melalui Dinas Perhubungan yang mungkin akan terealisasi tahun 2020.

Kades Heraksi Mananohas memimpin Desa Batunderang sejak Tahun 2013-sampai saat ini. Meski Pilkades di desa Batunderang nanti akan dilaksanakan tahun 2020, beliau sangat bersyukur masih bisa memberi diri membangun desa yang dia cintai itu.

“Mungkin Pilkades berikutnya saya tidak bisa ikut, jika terkendala faktor usia. Semoga saja ada pertimbangan lain terkait kinerja saya dan tingginya kepercayaan diri masyarakat kepada saya”, imbuhnya.

Secara fisik memang Kades ini masih terlihat produktif namun apa bisa dibuat jika peraturan yang membatasi dia mengikuti pemilihan selanjutnya.

Desa Batunderang merupakan satu desa tertua di Sangihe. Desa Batunderang banyak menyimpan kekayaan alam. Potensi wisata bisa jadi sektor yang diunggulkan disana karena panorama alam dan terumbu karang yang masih terawat, menjadi modal bagi desa ini untuk berkembang kedepannya.

Penulis: Dendy Abram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here