Kampung Dame Induk bakal punya klub sepakbola Dame Club United alias DC United

0
274

DAME-SITIM|| Ditengah cuaca yang terik, penulis menyambangi Kantor bercat merah muda yang kelihatan kontras dengan gedung sekolah dasar yang berdiri disampingnya, kantor itu ialah Balai Kampung Dame Induk. Suasana layaknya kantor pemerintahan yang menggambarkan kesibukan para pegawainya. Setelah memberikan salam dan menyampaikan maksud dan tujuan, saya dipertemukan dengan kapitalau.

Dengan ramah sang kapitalau mengajak masuk ke dalam ruangan kantornya. Setelah berbasa basi sejenak, pelan tapi pasti kapitalau menceritakan sejarah desa. Ia kemudian membeberkan visi misi dan keberhasilannya dalam membangun infrastruktur di kampung yang dipimpinnya selama tiga periode ini.

“Kampung Dame (Induk) mempunyai visi dan misi. Visinya adalah  terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur melalui pembangunan sarana dan prasarana yang memadai serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, melalui pengelolaan potensi sumber daya alam.

Jalan setapak yang menghubungkan antar lindongan

Sedangkan misinya adalah:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana guna mendukung pengembangan sektor unggulan dalam pengembangan perekonomian masyarakat.
  3. Meningkatkan swadaya masyarakat dalam pengelolaan pembangunan disegala bidang.
  4. Pengembangan desa secara bertahap dan mengupayakan pemekaran desa demi untuk pendekatan pelayanan kepada masyarakat.” urai sosok ramah yang hobby memakai keneja batik ini.

Mitusala juga mengatakan bahwa dirinya begitu terkesan saat membangun Kampung Dame Induk selama tiga periode ini. dimana dirinya pada saat pertama kali menjabat dengan dana ADD yang minim bisa memperbaiki Balai Desa/Balai Kampung yang telah mengalami kerusakan.

Hasil rehabilitasi PAUD

“Saya sangat terkesan ketika diminta oleh masyarakat untuk menjadi kapitalau pada periode pertama. Ketika itu ADD hanya berjumlah 25.000.000 dimana 7.000.000 digunakan untuk perbaikan balai desa yang telah mengalami kerusakan dan memakan waktu selama tiga tahun. Tapi karena dorongan, bantuan dari masyarakat dan penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa, maka bisa diselesaikan dan sisanya digunakan untuk dana operasional seperti pembelian ATK. Diperiode kedua karena permintaan  dan kepercayaan masyarakat, maka saya terpilih lagi. Hingga saya kembali dipercayakan untuk ketiga kalinya oleh masyarakat untuk memimpin Kampung Dame Induk ini “, urai Job.

Job melanjutkan, “walaupun dalam melaksanakan tugas dan kebijakan banyak menuai pro dan kontra tapi karena dukungan masyarakat, banyak program yang telah kami laksanakan, contohnya ditahun 2019 ini kami telah merealisasikan pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan siswa sebanyak 14 orang. Sekarang ini sementara melakukan pembentukan tim sepakbola Kampung Dame Induk dengan nama club DC UNITED (Dame Club United)“.

Adapun pembangunan yang telah dilakukan di kampung Dame Induk antara lain jalan setapak di lindongan 3, jalan rabat beton yang berlokasi di lindongan 2 dan 4 serta rehabilitasi Gedung PAUD. Pada tahun 2019 sedang direncanakan pembangunan jalan rabat beton di lindongan 1, jalan setapak serta pemberdayaan tim sepakbola Kampung Dame Induk. Patut diketahui pula bahwa Kampung Dame Induk merupakan salah satu dari 16 kampung di Kecamatan Siau Timur yang berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Ulu Siau dan secara geografis mempunyai wilayah mencapai 225 Ha. Dengan jumlah penduduk sekitar 978 jiwa yang tersebar dalam 5 wilayah Lindongan.

Seperti kampung pada umumnya Kampung Dame memiliki sarana dan prasarana yang secara garis besar memiliki balai desa 1 unit, jalan kabupaten sepanjang 9 kilometer, jalan kecamatan 2 kilometer, jalan desa 4 kilometer, dan tempat ibadah sebanyak 4 unit.

Karena merupakan kampung pertanian maka sebanyak 179 anggota masyarakatnya berprofesi sebagai petani, diikuti oleh profesi nelayan sebanyak 30 orang, pedagang 6 orang, PNS sebanyak 28 orang, tukang 21 orang dan pelaut sebanyak 3 orang dan sekedar informasi ternak yang dipelihara adalah ayam/itik,babi,dll. Semua data ini diambil dari dokument RPJMDes Kampung Dame Induk dan penjelasan dari Kapitalau.

Dikampung ini pula terdapat Situs Liang Kasuang yang konon katanya terdapat ribuan tengkorak dan tulang belulang di dalamnya. Bagian ini akan menjadi reportase kami selanjutnya.

Penulis : Demsi Laluas

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here