Kampung Dompase berbenah dalam kepemimpinan Malthias D.H. Laheba

0
201

DOMPASE-SITENG|| Dompase adalah kampung yang paling termudah dari tiga kampung lainnya yang tergabung dalam wilayah adminitrasi kecamatan siau tengah. Nama Dompase berasal dari bahasa Siau yaitu dari kata pandempaseng yang berarti tempat mengasa senjata tajam.

Kampung ini memiliki cukup banyak tukang besi alias kipung. Seorang kipung bekerja membuat senjata tajam dan atau perlengkapan rumah tangga dari bahan dasar besi.

Kampung Dompase ini juga ketika masih di jaman Kerajaan Siau, menjadi kawasan pertanian untuk memsaok kebutuhan makanan di istana Kerajaan Siau. Kampung yang kini memiliki populasi 283 jiwa itu mempunyai tiga lindongan/dusun. Warganya menggantungkan hidup dari hasil berkebun pala dan kelapa. Mereka gemar menanam bahan makanan berupa umbi-umbian dan sayuran. Sementara ibu-ibu berjualan sayur-sayuran di pasar tradisional Ampera di Kota Ulu Siau.

Kini wajah kampung Dompase terus berubah. Terdapat jalan penghubung antar dusun atau lingdongan yang selesai dibangun. Kampung yang dulunya hutan lebat itu berubah menjadi kampung yang lebih asri. Penduduknya ramah, memiliki semangat gotong-royong dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini bapak Malthias D.H. Laheba menjadi pemimpin di Kampung Dompase. Ia terus memiliki bergiat membangun kampungnya menjadi kampung yang memiliki daya saing dan berkemajuan dari segala segi pembangunan. Harapannya semoga Kampung Dompase meningkat infrastrukturnya dan bergairah pemberdayaan masyarakatnya.

Penulis: Heriwan Kasiahe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here