Kampung Kalasuge koleksi 19 pemimpin sampai sekarang

0
196
Kantor Kampung Kalasuge Kecamatan Tabukan Utara

KALASUGE-TABUT|| Desa Kalasuge memiliki sejarah yang cukup panjang. Dimulai sejak tahun 1872. Kala itu penghuninya masih sangat primitif. Konon, ada 3 ras manusia yang menghuni Desa Kalasuge pasca letusan gunung api “Awu” yang memporak-porandakan wilayah desa tersebut.

Ketiga ras manusia tersebut diketahui 1) “Daluge Batang”, jenis manusia purba yang hidup didalam batang kayu besar dan didalam goa/gua. 2) “Tama”, jenis manusia kerdil berbibir tebal yang konon jika tertawa, bibirnya sampai menutupi seluruh wajah. 3) “Lamemi”, jenis manusia dgn perawakan yg sangat kurus dan konon katanya bisa menghilang.

Sebelum dikenal dengan Desa Kalasuge, namanya dulu ialah “Tenda Batu” (pagar batu) yang memiliki arti unik yakni tidak bisa dilewati/dimasuki. Nama ini merupakan julukan yang didapat karena pada Abad ke-17 waktu perang dengan para bajak laut Mangindano.

Wilayah ini dulunya dijaga oleh para bahani (pemberani) berbadan kebal sehingga para perompak tidak bisa menembus atau mengalahkan pertahanan dari para bahaning nusa (pahlawan pulau).

Setelah melewati masa-masa perang, nama Kalasuge pun muncul. Nama itu sendiri muncul melalui kebiasaan para penduduk yang kala itu saling mengajak untuk mencari ikan di laut.

“Tamaie ikite Melasuge kina su tampau Pendalasugang” (marilah kita mencari ikan ditempat penangkapan ikan). Maka dari itu munculah kata “Kalasuge” yang asal mulanya dari kata “Melasuge” dan “Pendalasugang”. Sehingga dapat diartikan sebagai “tempat penangkapan ikan”.

Adapun nama-nama pemimpin yg tercatat dalam sejarah pemerintahan Desa Kalasuge sebagai berikut:

1. Masoara (Kapten Laut)
2. Tabale (Kapten Laut)
3. Purnama (Kapten Laut)
4. Karangetang Sandala (Kapten Laut)
5. Fenelikan Kalamu (Kapten Laut)
6. Lukas Lawendatu (Kepala Desa)
7. Esra Mamile (Kepala Desa)
8. Lodrik Andaria (Kepala Desa)
9. Leonard Lawendatu(Kepala Desa)
10. Luntek Mamondol(Kepala Desa)
11. Benard Gaghana(Kepala Desa)
12. Hamaius Bawohang(Kepala Desa)
13. Kornelius Angow(Kepala Desa)
14. Djoni Tatontohiang (Kapitalaung)
15. Jusak Kantohe(Kapitalaung)
16. Wiliam Mamondol(Kapitalaung)
17. Jusak Kantohe(Kapitalaung)
18. Gustaf A. Horman, S.Pd(Kapitalaung)
19. Nikodemus Kakame (Kapitalaung)

Dengan melihat sejarah panjang Desa Kalasuge, menjadikan Desa ini sebagai salah satu Desa tertua di wilayah Kecamatan Tabukan Utara.

Penulis: Dendy Abram

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here