Kampung Lenganeng dengan segala kemajuan yang bersumber dari kemandirian warga

0
300
Kantor Kampung Lenganeng

LENGANENG-TABUT||Dari masa ke masa Kampung Lenganeng dikenal sebagai Kampung Kipung (Pandai Besi). Bertumbuh dan berkembang sangat pesat. Pada tahun 2017 lewat Alokasi Dana Desa (ADD), Pemerintah Desa mendirikan sektor usaha kecil menengah bagi kelompok petani, pengrajin/pandai besi hingga pada kelompok usaha perbengkelan.

Sanggar Apapuhang Kampung Lenganeng

Lenganeng merupakan satu-satunya desa yang mempunyai Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) dari semua desa di Kabupaten Sangihe. Dalam amatan Tim Ekspedisi Desa Kompak, terlihat Kantor Desanya megah. BUMDesnya juga terbilang paling maju. Demikian juga aspek pemberdayaan masyarakat melalui sanggar yang hingga kini tetap eksis.

Kantor BUMDes Kampung Lenganeng

Kapitalaung Heski Sasundu (48) membeberkan strategi pemerintahannya.

“Sejak pemerintahan Pak Ruitan hingga saat ini, kami menerapkan sistem pengkaderan bagi calon kapitalaung selanjutnya, khusus untuk generasi muda. Hal ini bermaksud agar desa lenganeng mampu melahirkan pemimpin yang berkualitas guna perkembangan perekonomian, dan SDM yang mandiri”, imbuhnya.

Sentra Industri IKM

“Dalam soal Pemilihan Kapitalaung (Pilkapita) diselenggarakan berdasarkan hasil musyawarah mufakat untuk memutuskan siapa yang akan menjadi calon-calon pemimpin selanjutnya. Dengan metode pengkaderan kapitalaung ini, maka dapat mengurangi resiko konflik demokrasi” kata Agung, pria 58 tahun yang dihubungi terpisah.

Penulis: Topsianus Lumente

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here