Kampung Peling Sawang dalam angka

0
198
Kampung Peling Sawang Kecamatan Siau Barat Kabupaten Kepulauan Sitaro. Fotografer: Stiff Lahengking

PELING SAWANG-SIBAR|| Sesuai data yang dirampungkan Tim Ekspedisi Desa Kompaq, Kampung Peling Sawang tercatat memiliki jumlah penduduk sebesar 734 jiwa yang tersebar di 4 (Lindongan),terbagi 163 jiwa d Lindongan satu, 247 jiwa di Lindongan dua,206 di Lindongan tiga dan 118 jiwa di Lindongan empat. Populasi di atas merupakan data populasi penduduk yang tercatat pada masa jabatan mantan Kapitalau Nicodemus Gahagho akhir masa jabatan 2018 tahun kemarin.

Sedangkan Populasi dan Mobilisasi penduduk tahun ini belum terupdate di karenakan kampung peling sawang di pimpin oleh penjabat sementara,’’menunggu pemutahiran data oleh pejabat definitif’’ ujar salah satu perangkat kampung saat di konfirmasi pada 08/07/2019 senin hari ini.

Sementara itu,melihat pola penggunaan tanah,penggunaan tanah di kampung Peling Sawang sebagian besar diperuntukan untuk tanah pertanian dan perkebunan sedangkan yang lainya untuk pemukiman dan fasilitas umum. Selanjutnya terdata juga kondisi sarana dan prasarana umum kampung Peling sawang terdiri dari 1 kantor kampung,1 jalan Provinsi,1 jalan kabupaten,1 jalan kampung, 5 gereja dan 2 gedung sekolah.

Berbicara soal pembangunan infrastruktur, kampung Peling Sawang termasuk kampung baru yang memekarkan diri dari kampung induk ‘’Peling’’ dalam berotonom, terbukti kampung Peling Sawang sudah memiliki 16 infrastruktur fisik dan sosial yang sudah terealisasi dalam kurun waktu kurang lebih 10 tahun.

Penulis: Igel Gahagho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here