Kampung Utaurano mendapat perhatian Pemkab. Berbagai bantuan datang mengalir

0
141
Bantuan itik untuk Kampung Utaurano

UTAURANO-TABUT||Kampung Utaurano meski memiliki luas wilayah kurang lebih 700 Hektar namun sumber air yang melimpah dari desa ini jadi potensi utama dalam mengembangkan berbagai usaha. Pada sektor pertanian misalnya, sekarang semakin aktif karena suburnya tanah yang ada di wilayah desa tersebut. Itu tak luput dari pengaturan petani dalam menyalurkan air secara teratur guna kesuburan tanah.

Hasil bumi berupa tanaman panganpun melimpah. Nyatanya dua hari lalu Desa Utaurano telah melakukan panen raya tanaman pangan pisang dan umbi-umbian yang langsung dipasarkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Dengan memanfaatkan potensi sumber air yang melimpah, sekarang hampir semua masyarakat Desa Utaurano memiliki kolam pertambakan budidaya ikan air tawar. Tak ayal, desapun berinovasi pada saluran drainase yang juga dimultifungsikan sebagai sarana budidaya ikan air tawar.

Hal ini jadi pemicu kepedulian beberapa instansi pemerintah, terkait kemajuan dan perkembangan Desa Utaurano. Sebelumnya pada hari Selasa 2 Juli 2019, Desa ini mendapatkan bantuan dari Dinas Pangan berupa bibit unggas (itik) yang penyalurannya dilaksanakan sekitar pukul 06.30 malam dan didokumentasikan oleh Kades Herdyanto bersama masyarakat.

Pada rabu siang 3 Juli 2019 lalu, Desa Utaurano kedatangan tamu dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Tahuna (BKIPM) bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) yang turun memberikan sosialisasi/materi terkait dengan keberadaan budidaya ikan air tawar yang sementara berkembang di desa ini.

Sosialisasi dari Dinas Perikanan dan Kelautan di Kampung Utaurano

Geric Lumiu.S.Pi mewakili Tim BKIPM dan DKP menjadi pemateri dan berbagi pengetahuan terkait cara budidaya ikan air tawar, mengenal penyakit ikan bahkan sampai cara mengobatinya.

Sosialisasi yang sangat bermanfaat bagi Desa Utaurano yang saat ini sedang bergelut dengan budidaya ikan air tawar. Bahkan setelah kegiatan ini, target pertumbuhan dari usaha budidaya ikan air tawar akan terus mendapatkan pendampingan khusus dari instansi/dinas terkait agar perkembangannya dapat lebih terukur.

Ketika diwawancarai terkait bantuan dan sosialisasi seperti ini, Kades Herdyanto Takapulungang, SE mengatakan kepada Kompaq.ID “setiap bantuan yang datang ke desa, kami terima dengan penuh syukur dan langsung kami salurkan kepada masyarakat sesuai pembagiannya”, kata Takapulungang.

“Kegiatan sosialisasi seperti ini juga sangatlah penting bagi perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa. Kedepannya saya berharap bisa lebih banyak bantuan yg dapat disalurkan ke desa serta kegiatan sosialisasi, agar kedepannya ada peningkatan taraf hidup dalam masyarakat” imbuhnya.

Penulis: Dendy Abram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here