Kantor Kampung Talolang masih darurat, kantor lama dipersoalkan status hibahnya

0
239
Situasi Kantor Desa Talolang yang masih darurat

TALOLANG-TABUKAN UTARA||Kampung Talolang, saat ini dipimpin oleh Kapitalaung muda kelahiran 20 Maret 1990, Jisman Lintuhaseng. Dikunjungi di kantor desanya, Kepala Desa terlihat bekerja aktif bersama beberapa perangkat desa lainnya. Meskipun dalam kondisi kantor darurat, bahkan dindingnya masih dari tripleks dan pembagian ruangan di dalamnya hanya mengakomodir meja dan kursi guna lancarnya pekerjaan desa.

Kepada kompaq, kamis, 20 Juni 2019, pukul 11.15 wita ia mengatakan: “Memang Desa Talolang sudah memiliki kantor desa sebelumnya. Namun kepemilikan lahan kantor desa lama, kini dipersoalkan oleh pihak keluarga yang konon telah menghibahkan sebelumnya” jelas Lintuhaseng.

Menurut cerita, lahan tersebut sudah dihibahkan oleh pihak keluarga pemilik lahan sedari dulu waktu kantor desa dibangun, namun sekarang ini ada salah satu pihak keluarga yang tidak meng’iya’kan hibah tersebut, bahkan sempat melakukan penyegelan Kantor desa di tahun 2017. Waktu pejabat saat itu Japri Lintuhaseng.

Jisman Lintuhaseng melanjutkan: “Dikarenakan hal hibah lahan bermasalah yang tidak kunjung selesai dan mengakibatkan terganggunya proses kegiatan desa, maka saya mengambil keputusan untuk mencari lahan lain guna pembangunan kantor desa baru. Agar tidak dipermasalahkan lagi. Keputusan untuk pembangunan kantor desa baru memang sudah dirapatkan dan sedikit mengundang pro/kontra terkait pemindahan lokasi kantor desa. Namun Kapitalaung dapat meyakinkan forum musyawarah dan bersepakat membangun kantor desa baru demi lancarnya aktivitas desa Talolang yang sekarang dalam masa-masa pembangunan”. katanya.

Kepala Desa ini tampak sangat bijaksana dalam memimpin. Ia kemudian menyampaikan gagasan dan pencapaian yang sudah berhasil dibangun di desanya.

“Saya tidak mau pembangunan desa terhambat hanya karena hal seperti itu, kata Opla dgn tegas. Adapun pencapaian pembangunan dimasa dia menjabat sampai skrg ini berupa Jalan produksi/jalan setapak di wilayah Lindongan 1 dan wilayah Lindongan 3 yang dibangun dari ADD tahun 2018 tahap 3 yang dilaksanakan setelah dia dilantik jadi Kapitalaung dan itu dilaksanakan secara swakelola.

Kapitalaung Desa Talolang cukup interaktif dalam wawancara kami, bahkan beliau menambahkan bahwa saat ini anggaran tahun 2019 yang turun baru tahap 1 dan beliau mengakomodir anggaran itu untuk belanja bahan material guna pembangunan kantor desa baru.

Bijaknya Kapitalaung ini, pada anggaran tahap 1 tidak hanya difokuskan untuk pembangunan kantor desa semata, Namun dia tetap menyisihkan sebagian anggaran guna pemberdayaan masyarakat desa.

Adapun bantuan yg diberikan guna pemberdayaan itu berupa pupuk untuk sektor pertanian dan alat-alat mebeleur disektor industri rumahan atau para pekerja bangunan.

“Biar aja org yg tdk senang dgn saya berkata apa saja, yg terpenting saya sudah bekerja sesuai kemampuan saya dgn hasil kinerja yg dpt dilihat serta terukur” kata Jisman Lintuhaseng.

Pemimpin berjiwa muda yang mau berjuang memang sudah sangat jarang ditemui. Tapi Desa Talolang cukup beruntung, memiliki Kapitalaung Jisman Lintuhaseng sebagai Pemimpin mereka.

Penulis: Dendy Abram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here