Kapitalau Kampung Kalasuge salurkan biaya pendidikan untuk 200 anak sekolah di desanya

0
356
Kapitalau Kampung Kalasuge

KALASUGE – TABUKAN UTARA || Nikodemus Kakame, Kapitalaung Kalasuge bersama dengan para perangkat kampung tampak sibuk dengan pekerjaan mereka ketika disambangi kemarin Kamis, 11 Juli 2019. Kesibukan mereka terkait kegiatan yang akan dilaksanakan dalam perencanaan pencarian anggaran dana desa tahap 2 Tahun 2019 yang kemungkinan akan turun minggu depan.

Desa Kalasuge merupakan desa yang berada di wilayah perbatasan antara Kecamatan Tabukan Utara dan Kecamatan Kendahe. Meski berada jauh dari pusat kecamatan tidak menjadikan desa ini tertinggal.

“Pembangunan di desa kami terus dilakukan guna meningkatkan perkembangan di masyarakat, kata Kapitalaung Nikodemus

“Beberapa bangunan fisik yang telah dibangun dari anggaran dana desa, terbukti menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat. Gedung PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) misalnya, menjadi sekolah untuk anak-anak usia dini yang tinggal di Desa Kalasuge” tambah Nikodemus.

Menurut Kapitalau, saat ini dirinya fokus pada peningkatan sumberdaya manusia di desanya. Ia mengatakan pentingnya mendidik anak-anak agar memiliki masa depan yang cerah dan berguna bagi bangsa.

“Sangat penting mendidik anak-anak kita, agar kedepannya mereka bisa jadi berguna bagi Nusa dan Bangsa karena pendidikan itu alangkah lebih baiknya dimulai sejak usia dini” kata Kades Nikodemus menerangkan pentingnya pengembangan SDM.

Dalam rangka pembangunan sumberdaya manusia, Kepala Desa Kalasuge memberikan bantuan langsung tunai sebesar Rp. 200.000 bagi setiap anak untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi 200 anak yang siap masuk sekolah baik PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK.

“Bantuan ini kami serahkan kepada mereka guna membantu memenuhi kebutuhan sekolah seperti alat tulis, seragam baru, sepatu atau bahkan tas baru. Biar apa? Biar anak-anak makin giat ke sekolah dan belajar lebih tekun” kata Nikodemus dengan tulus.

Selain gedung PAUD dan bantuan untuk anak sekolah Pemerintah Desa Kalasuge juga tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakat lainnya melalui pembangunan jalan setapak guna lancarnya aktivitas warga dalam melakukan kegiatan pertanian bahkan kegiatan apa saja.

Bantuan lain guna pemberdayaan masyarakat pun tetap tertata dalam penganggaran. Bibit tanaman, pupuk dan obat-obatan pembasmi hama untuk sektor pertanian juga disalurkan oleh desa.

Disaat wartawan Kompaq.id bertanya tentang kantor desa dan sarana prasarananya, Nikodemus menerangkan “Kantor Desa Kalasuge memang baru dibangun Tahun 2016 lalu. Namun setelah dilantik saya menjadi Kepala Desa Kalasuge, saya mulai berbenah untuk melengkapi segala hal yang berkaitan dengan kelengkapan gedung kantor”.

Salah satu perangkat desa Adrianus Antibe selaku Kaur Umum di Desa Kalasuge saat dimintai keterangan tentang bagaimana kinerja Nikodemus selaku Kepala Desa, ia mengatakan, kepala desanya adalah sosok yang terbuka.

“Saya paham apa yang dilakukan Kades ini, agar tercipta transparansi dalam proses pelaksanaan pembangunan di desa. Setiap kegiatan yang akan dilaksanakan atau akan dibuat oleh desa selalu melibatkan kami semua” tandas Adrianus.

Penulis: Dendy Abram
Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here