Kenang Jasa Pemimpin Pendahulu, Pemeharti Pemkot Bitung Usulkan Ubah Nama Jalan

0
222

Bitung, KOMPAQ.ID || Untuk mengenang Almarhum (Alm) Dr. Drs. SH Sarundajang, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung lewat kebijakan Walikota Bitung telah mengabadikan Ruangan BPU Menjadi Ruangan Dr. Drs SH Sarundajang.

Kebijakan itu disampaikan oleh Max Lomban dalam sambutannya saat pelaksanaan penyambutan dan penghormatan terakhir Pemkot Bitung kepada alm Dr. Drs SH Sarundajang yang bertempat di lobi kantor Walikota Bitung.

Terkait hal itu Muzaqhir Boven, salah satu pemerhati Pemerintah mengapresiasi kebijakan yang dibuat oleh Pemkot Bitung, mengingat jasa alm Dr. Drs. SH Sarundajang sangat luar biasa untuk Kota Bitung. Namun menurutnya, Pemkot dalam hal ini walikota Bitung harus berlaku adil dengan mengusulkan pengabadian nama-nama mediang Walikota dan Wakil Walikota lainnya.

“Pengabdian dan kerja keras Alm Dr. Drs. SH Sarundajang untuk Kota Bitung memang sangat luar biasa dan patut untuk diabadikan, tapi Pemkot dalam hal ini Wali Kota harus berlaku adil,” kata Muzaqhir pada senin 22/02/2021.

Muzaqhir berujar, Pemkot harus mengusulkan ke DPRD untuk mengabadikan nama-nama mendiang Walikota dan Wakil Walikota lainnya seperti alm. Karel L Senduk, alm. WA Worang, alm. Milton Kansil dan alm. Hanny Sondakh serta alm. Robert Lahindo sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan seperti halnya alm Dr. Drs. SH Sarundajang.

“Ini usulan saya agar nama jalan lingkar Pulau Lembeh menggunakan nama mediang alm. Hanny Sondakh serta nama alm. Milton Kasil sebagai nama jalan menggantikan nama jalan Siswa di depan SMP Negeri Dua dan SMA Negeri Dua Kota Bitung,” ujar Boven.

Alasannya kata dia, alm. Hanny Sondakh punya andil atas terealisasinya jalan Lingkar Pulau Lembeh sedangkan alm. Milton Kansil adalah pelopor program pendidikan gratis di Kota Bitung.

“Ingat, nama Alm Sinyo Harry Sarundajang di Kota Bitung sudah dua kali digunakan. Selain nama jalan, kini juga digunakan sebagai nama Ruangan BPU lewat SK Wali Kota Nomor 188/45.59 2021,” lanjut Boven.

Terkait Usulan Muzaqhir itu, Ketua DPRD Kota Bitung, Aldo Nova Ratungalo merespon positif dengan menyatakan saat ini sudah ada Peraturan Daerah (Perda) soal penamaan jalan. Tinggal masyarakat atau Pemkot yang mengusulkan agar bisa ditetapkan.

“Silakan diusulkan saja. Selama itu bertujuan positif kenapa tidak, pasti lembaga DPRD akan mendukung,” kata Aldo.

Editor: Nia

Advertisement