Kepala Desa Petta Barat manfaatkan waktu luang untuk giat produktif

0
124
Kapitalau (wawulao) Kampung Petta Barat Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangiihe

PETTA BARAT-TABUT||Minggu, 7 Juli 2019 siang tadi pukul 01.25 saya menuju Desa Petta Barat guna peliputan program/kegiatan yang dilaksanakan oleh desa. Hari Minggu seharusnya jadi waktu istirahat bagi Pemerintah Desa terlebih buat Kepala Desa karena sudah berkerja selama 5 hari. Tapi tidak buat Siti Sjarah Gabriel, S.Pd selaku Kepala Desa Petta Barat. Beliau tidak tinggal diam dan duduk santai di rumah. Namun turun ke lapangan guna memantau perkembangan usaha kelompok pembuat sagu yang merupakan hasil dari binaan Program Pemberdayaan Masyarakat di desanya.

Banyaknya tumbuhan sagu di wilayah Petta Barat membuat Pemerintah Desa menjadikan sagu sebagai salah satu potensi yang bisa dijadikan produk bernilai jual guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Melalui program pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa memberikan bantuan kepada kelompok usaha pembuat sagu sesuai kebutuhan mereka. Mesin penggiling misalnya, yang lebih mempermudah pekerjaan mereka serta mempercepat proses pembuatan sagu.

“Kami Pemerintah Desa mensurvey potensi apa yang ada di Desa, jadi dengan adanya sedikit bantuan dari desa, masyarakat pun terdorong untuk memulai berbagai usaha sesuai keahlian masing-masing” kata Wawu Jana, sapaan akrab Kades Petta Barat

Saat ini ada beberapa kelompok pelaku usaha di Desa Petta Barat. Ada kelompok usaha pembuat sagu, kelompok usaha pembuat kue kering, kelompok usaha tukang dan kelompok usaha lainnya yang diberdayakan oleh desa. Kata Kades Sitti Menambahkan.

Pemerintah Kecamatan Tabukan Utara saat ini memiliki 3 Kades Wanita dari 24 Desa yang ada wilayahnya. Salah satu dari 3 srikandi ini memimpin Desa Petta Barat. Sungguh beruntung Desa Petta Barat memiliki Kepala Desa Wanita yang sangat tangguh, peduli dan tanggap dalam memantau keberadaan setiap masyarakat di desanya.

Penulis: Dendy Abram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here