Lurah Buha Awalnya Enggan Transparn Soal Dana Kelurahan, Ternyata ini alasannya!

0
80

MANADO|| Dana Kelurahan merupakan Program Pemerintah untuk membangun Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan yang digelontorkan dari APBN sejak tahun 2019. Berdasarkan UU Transparansi, pemerintah menganjurkan agar Dana Kelurahan harus dapat diawasi oleh masyarakat dan oleh media massa.

Melalui Program Liputan Khusus Pengawasan Dana Kelurahan dan Dana Desa di Sulawesi Utara, Kompaq.id mendatangi 1507 desa dan 331 kelurahan. Salah satu diantaranya adalah Kelurahan Buha Kecamatan Mapanget Kota Manado. Saat disambangi awak media ini, Lurah Buha, J.E. Wetinusa terkesan menolak dengan mempertanyakan apakah si awak media sudah berkoordinasi dengan Camat sebelum mendatangi dirinya.

Nampaknya Wetinusa belum memahami transparansi dalam pemerintahan. Tetapi setelah dijelaskan, Wetinusa akhirnya memberi keterangan berkaitan dengan pemanfaatan Dana Kelurahan yang dikelolanya.

Wetinusa mengatakan, Kelurahan Buha pada tahun 2019 mendapatkan Dana Kelurahan dan telah dialokasikan untuk keperluan membangun Taman Bacaan, rabat beton, jalan pavin di lingkungan 6, saluran air di lingkungan 7, yang semuanya dibangun dari Dana Tahap Pertama. Untuk tahap kedua masih dalam tahapan pengusulan karena harus memasukan Laporan Tahap pertama.

Terkait kegiatan pemberdayaan masyarakat, di Kelurahan Buha belum dilaksanakan pada tahap pertama, dan nanti akan dilaksanakan pada tahap kedua. Semua pekerjaan dikerjakan oleh Pihak Ketiga”, kata Wetinusa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here