MENGENAL ARTI NAMA BOLAANG MONGONDOW & KOTAMOBAGU

0
201

Terdapat dua versi tentang arti kata Bolaang. Versi pertama, menyebut term Bolaang merupakan perubahan bentuk dan lafal dari kata “Golaang”.

Golaang yang kemudian menjadi Bolaang artinya menjadi terang atau terbuka.

Kata “terang” atau “terbuka” yang dimaksud artinya sinar matahari tidak terhalang lagi oleh pohon yang rimbun, sehingga cahayanya bisa tembus.

Versi kedua, term Bolaang berasal dari kata ‘Bolango’ atau ‘Balangon’, yang artinya laut. Versi ini diperkuat oleh beberapa nama seperti Bolaang Uki dan Bolaang Itang, keduanya adalah daerah yang terletak di tepi pantai.

Term Mongondow juga memiliki dua versi. Versi pertama, menyebut bahwa Mongondow merupakan perubahan bentuk dan lafal dari kata ‘Momondow’.

Momondow yang kemudian berubah menjadi Mongondow artinya suara atau teriakan keras.

Suara atau teriakan keras tersebut digunakan untuk memanggil anggota kelompok lainnya yang terpisah dari rombongan atau berada di tempat yang jauh.

Versi kedua, mengartikan kata ‘Momondow’ yang kemudian berubah menjadi ‘Mongondow’ sebagai pekikkan atau seruan tanda kemenangan.

Sedangkan Kotamobagu merupakan gabungan dari kata ‘kota’ dan ‘mobagu’ (bahasa Mongondow).

Arti ‘kota’ sama dengan bahasa Indonesia, yakni kota. Sedangkan ‘mobagu’ artinya baru. Jadi, arti Kotamobagu adalah kota baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here