Talaud, adalah nama salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Utara. Merupakan gugusan pulau-pulau yang berada di bagian utara Indonesia yang berbatasan dengan Philipina.

Wilayah Talaud seluas 95 % lebih adalah laut. Terdiri dari tiga pulau utama, yakni Karakelang, Kabaruan dan Salibabu, dan pulau kecil lainnya.

Nama Talaud berasal dari kata Taloda, yang artinya “Orang laut”. Dinamakan demikian karena sesuai dengan kondisi geografisnya yang berada di tengah laut, yang luas wilayah lautnya lebih besar dari daratan.

Taloda merupakan gabungan dari kata “tau” yang artinya orang, dan kata “lauda” yang artinya laut. Dalam perkembangannya, kata Taloda mengalami perubahan bentuk dan lafal menjadi Talaud.

Paradise adalah nama julukan Talaud. Paradise berasal dari bahasa Portugis, yang artinya surga.

Dikisahkan bahwa ketika orang Portugis datang di Talaud, mereka memuji keindahan alam Talaud, dengan ucapan, “Paradise”. Maksudnya, bentang alam (landskap) kepulauan Talaud bagaikan Paradise (surga).

Namun, penduduk setempat tidak bisa menyebut kata Paradise dengan baik. Mereka menyebutnya berdasarkan bahasa dan dialek mereka, yakni Porodisa.

Secara etimologi, Porodisa merupakan gabungan dari kata poro atau porosa dan diassa (bahasa Talaud).

Poro atau porosa artinya “pancung”. Sedangkan diassa artinya “tikam”.

Namun, dalam perkembangannya, kata Porodisa dimaknai sama dengan Paradise, yang artinya surga.

Talaud memiliki motto atau semboyang, ” Sansiote sampate pate”, yang artinya kebersamaan dalam satu persatuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here