Mengenal lebih jauh Kampung Kanawong

0
149

KANAWONG-SIAU BARAT || Dulu kala Kampung Kanawong masih tergabung dengan Kampung Kalumpang dan pusat pemerintahannya berada di Ondong. Pemimpin waktu itu adalah kapitalau Dauhan. Seiring berkembangnya peradaban masyarakat bersama tua-tua kampung menghadap sang pemimpin untuk mengajukan permintaan pemekaran secara penuh sebagai kampung administrasi yang baru.

Tahun 1976 Kampung Kanawong memisahkan diri dari Kampung Ondong. Kala itu masyarakat mengusulkan siapa yang mereka inginkan menjadi pemimpin di Kanawong. Pemerintah Kampung Ondong mendukung usulan itu dan menyampaikan pada pemerintah Kabupaten Sangihe dan Talaud.

Hiskia Lumimbus dilantik sebagai kapitalau definitif yang memerintah dari tahun 1976 sampai dengan tahun 1979. Hiskia Lumimbus menjabat selama 3 tahun saja. Karena ada peristiwa naas yaitu tenggelamnya perahu tumpangan yang dipakai oleh warga kampung saat mengikuti kegiatan pesparawi di Bumbiha.

Diantara sembilan orang meninggal ada nama kapitalau Hiskia Lumimbus. Untuk mengenang para korban, masyarakat membangun tugu peringatan di samping gereja Kana Kanawong.

Demi mengisi kekosongan jabatan maka Ernes Dumat ditunjuk menjadi kapitalau sementara di Kampung Kanawong. Dumat menjabat selama 6 bulan saja. Kemudian masyarakat Kanawong dengan dukungan dari pemerintah kecamatan melaksanakan pemilihan langsung kapitalau dan yang terpilih saat itu adalah Josep Bawekes. Ia memerintah dari tahun 1980 sampai tahun 1988.

Di tahun 1988 kembali dilaksanakan pemilihan. Yang terpilih ialah Jan Hus Abram. Ia memerintah dari tahun 1988 – tahun 1996. Setelah habis masa jabatannya ia digantikan oleh Thimotius Philip. Philip memerintah selang dua periode yakni dari tahun 1996 – tahun 2010. Disaat pemerintahannya status Wilayah Sitaro sedang berada dimasa peralihan perubahan dari Kabupaten Sangihe ke kabupaten Kepulauan Sitaro. Dengan kata lain sedang dalam masa pemekaran kabupaten.

Kanawong kembali menggelar pemilihan, Jesdigo Bawekes mendapatkan kepercayaan masyarakat Kanawong dengan masa jabatan dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2021. Namun Jesdigo Bawekes tidak bisa melaksanakan tugasnya sebagai kapitalau sampai selesai karena tersandung kasus dan diberhentikan. Lalu Ifni Bawole, SE dipercayakan sebagai pejabat sementara Kapitalau.

Kampung Kanawong masuk dalam daftar kampung yang akan melakukan pemilihan kapitalau pada bulan Agustus nanti. Letaknya berada diantara 10 kampung yang tergabung dalam pemerintahan administrasi Kecamatan Siau Barat yang pusat ibukota kecamatannya di Ondong. Kampung Kanawong hanya berjarak 3 kilometer dengan waktu tempuh 7 menit dari ibu kota Kabupaten Sitaro. Luas wilayah Kampung Kanawong adalah 645 ha dengan jumlah penduduk sebanyak 610 jiwa yang tersebar di tiga dusun.

Sumber mata pencaharian masyarakat adalah bertani ladang. Pohon pala sebagai tanaman utama. Secara geografis kampung ini berada di ketinggian 400 meter dari permukaan pantai. Kanawong mempunyai batas wilayah yang disebelah utara berbatasan dengan Kampung Dompase, sebelah selatan berbatasan Kampung Pehe, sebelah barat berbatasan dengan Kampung Lehi dan sebelah timur berbatasan dengan Kampung Beong.

Di Kampung Kanawong terdapat situs sejarah benteng kota. Benteng ini sering digunakan sebagai tempat berlatih para perajurit dulu sewaktu pusat Kerajaan Siau berada di Pehe dan pada zaman penjajahan digunakan untuk memantau tentara Jepang yang menyerang Pulau Siau dari bagian barat.

Penulis: Heriwan Kasiahe
Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here