Meski sulit diakses karena kondisi fisik, warga Desa Nameng giat membangun

0
235
Perangkat Kampung di Desa Nameng (Photo Cendri Horonis)

NAMENG-SIAU BARAT UTARA|| Nun jauh di ujung utara Kecamatan Siau Barat Utara, di tempat yang sulit dicapai, terdapat sebuah Desa  bernama Nameng. Nama desa ini diadopsi dari tumbuhan sebangsa pandan. Barangkali jenis pandan laut, atau pandan pasir dan atau pandan pudak duri. Nama latin pandan jenis ini adalah pandanus odorifer anggota suku pandaniceae.

Desa yang dahulu warganya menghasilkan kerajinan tikar ini merupakan hasil pemekaran dari Desa Batubulan. Saat itu, Nameng masih merupakan dusun atau lindongan 3 dari Desa Batubulan. Pemekaran dilakukan oleh Pemkab Kepulauan Sangihe pada tahun 1964.

Desa dengan luas wilayah 240 hektar ini mempunyai sejarah pemerintahan yang mengalami suksesi sebanyak tujuh kali hingga kini. Pertama kali Nameng dipimpin oleh seorang Opolao bernama Zebedeus Bawole dari 1964-1973. Kemudian dipimpin oleh Johanis Berhimpong pada periode 1974-1983. Emil Daud memimpin 1984-1993 lalu dilanjutkan oleh Etmor Manujur 19944-2003. Pada tahun 2004 hingga 2014 Nameng dipimpin oleh I.N Lano.

Hingga terbentuknya Kabupaten Siau Tagulandang Biaro pada tahun 2008, kepemimpinan Kapitalau masih ditangan I.N. Lano. Lano diganti oleh E. Sasoleng pada tahun 2014 dan menjabat hingga 2015. Nanti di tahun 2016 dilakukan pemilihan langsung dan terpilihlah Miskel Muleru menjadi Kapitalau definitive hingga sekarang.

Dalam kepemimpinan kepala desa sekarang infrastruktur yang paling banyak dibangun adalah jalan setapak, tanggul dan jalan produksi. Akses menuju desa berpenduduk 869 jiwa ini masih sulit hingga kini. Penyebabnya tidak lain adalah kondisi fisik pegunungan dan jurang yang curam. Karena itu alat transportasi utama adalah perahu. Desa dengan 3 lindongan ini dapat ditempuh dengan susah payah tetapi menggunakan kendaraan sepeda motor. Meski sulit diakses karena kondisi fisik, tetapi giat membangun masyarakat sangat tinggi.

Penulis: Cendri Horonis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here