Musrembang Kampung Beong putuskan lanjutan pembangunan Akesio dan Raga Desa sebagai Prioritas

0
122

BEONG-SITENG|| Seluruh Kampung di Kabupaten Kepulauan Sitaro tampak sibuk dengan agenda Musrembang dalam pekan ini. Setelah memantau proses pemerintahan kampung di Kecamatan Siau Timur, media ini memantau aktivitas pemerintah desa di Kecamatan Siau Tengah.

Khususnya di kampung Beong, terpantau pemerintah kampung sibuk mengadakan Musrembang. Terlihat sang Kapitalau Mervie Mandak tengah memandu rapat yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat Kampung bersejarah itu.

Mandak dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk proaktif dalam menyampaikan usulan program yang hendak dibiayai dari Dana Desa tahun 2020 yang akan datang.

“Saya minta agar semua peserta rapat dapat proaktif mengusulkan gagasan dan turut serta memberi pertimbangan terkait dengan hasil pra musrembang yang sebelumnya diidentifikasi. Dalam rapat kali ini kita semua hendak membahas dan mematangkan hasil rapat pra musrembang, kiranya kita mendapatkan kesepakatan melalui musyawarah mufakat”, kata Mandak.

Mandak menambahkan bahwa pemerintah desa dalam menyusun matrik RKP sudah mengacu pada skala prioritas.

“Kami pemerintah desa dalam menyusun matrik RKP sudah mengacu pada skala prioritas. Juga telah mengacu pada besaran Dana Desa 2020 yang akan datang”, imbuhnya.

“Salah satu program yang akan dilanjutkan pada anggaran tahun 2020 adalah pembangunan destinasi wisata ake sio. Karena itu merupakan program inovatif desa yang diharapkan dapat memberikan implikasi income bagi desa”, tambah Mandak.

Selain itu program Raga Desa alias pembangunan sarana dan prasarana olahraga yaitu lapangan sepak bola Beong juga menjadi prioritas.

Setelah melakukan koreksi terhadap berbagai program, musyawarah kerja pembangunan ini yang dipimpin unsur LPM,  Ph. Sasombo dan  H Surudani itu,  akhirnya ditutup dengan penandatanganan kesepakatan musyawarah oleh enam orang. Hasil ini yang hendak diperjuangkan di tingkat kecamatan dan Kabupaten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here