Nama Kampung Talawid berasal dari kata Talaawi, Begini ceritanya

0
275
Kantor Kampung Talawid. Fotografer: Stif Lahengking

TALAWID-SIBARSEL || Talawid merupakan salah satu kampung tertua yang berada di daratan pulau Siau. Konon menurut legenda, nama kampung Talawid muncul ke permukaan secara tidak sengaja, karena salah pengertian dan pemahaman antara warga yang bermukim di kampung ini dengan Portugis dikala itu.

Singkat cerita dikala itu orang-orang Portugis turun ke kampung dan menanyakan ke salah seorang warga dengan aksen bahasa portugis, ”apa nama kampung ini?” dan wargapun dengan santainya menjawab tanpa mengerti dan memahami arti dari pertanyaan yang diberikan oleh orang Portugis itu. Jawaban warga adalah “Talaawi” yang berarti tidak bisa naik, maka mulai dari saat itu tempat itu dinamakan Kampung Talawid.

Predikat kampung tertua wajar di sandang oleh kampung yang di pimpin pertama kali oleh Petrus Areros ini, pasalnya dari dua puluh satu (21) deretan para pemimpin kampung (Kapitalau), delapan (8) di antaranya belum diketahui masa jabatannya yakni deretan pertama sampai ke 8.

Sesuai data, Kampung yang sekarang dipimpin oleh Stendly D. Sambalao ini memiliki luas wilayah 698 hektar dan berpenduduk sebanyak 698 jiwa per Mei tahun 2019. Informasi tersebut sesuai dengan data yang disodorkan oleh Ivone Tuwaidan selaku sekretaris kampung Talawid saat ditemui kru Kompaq.id ini pada 27/06/2019.

Penulis: Igel Gaghago

Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here