Operator Kampung: Mahuneni harus benahi data mobilitas penduduknya

0
111
Kantor Kampung Mahuneni Kecamatan Siau Barat Selatan

MAHUNENI – SIBARSEL || Kampung Mahuneni tercatat memiliki total jumlah penduduk sebesar 713 jiwa. Ini merupakan data umum yang tercantum dalam jumlah perkembangan penduduk Kampung Mahuneni tahun 2019.

Hasil penelusuran tim ekspedisi desa kompak Sitaro, yang mewawancarai perangkat kampung (operator) Ria Jessy Bawangung pada selasa 09/07/2019, data mengenai jumlah penduduk di atas belum valid mengingat kurangnya sinergitas perangkat kampung (Kepala Lindongan) dalam pengambilan data per lindongan untuk kepentingan populasi dan mobilisasi penduduk Kampung Mahuneni.

Menyikapi hal tersebut Jessy mengatakan, sepengetahuannya jumlah populasi dan mobilisasi penduduk di Kampung Mahuneni sudah ada perubahan terhitung dari tahun 2017.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan data jumlah penduduk yang tercantum di dalam kantor kampung. Menurut Jessy pada tahun 2017 mobilisasi penduduk terjadi pada 2 jiwa, 7 jiwa pada tahun 2018 dan 4 jiwa di tahun 2019.

Lanjutnya lagi, pada 2018 hanya terjadi 7 jiwa yang diketahui melahirkan anak, 5 orang/jiwa masuk dalam daftar kematian dan 1 orang/jiwa pada tahun 2019.

“Kurangnya sinergitas para kepala lindongan Kampung Mahuneni dalam pemutahiran data populasi dan mobilisasi penduduk di Kampung Mahuneni, menjadi hal serius yang harus dibahas oleh Kapitalau dan jajarannya” ujar Jessy si operator Kampung Mahuneni.

Penulis: Igel Gahagho
Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here