Pangirolong, kampung peristirahatan mekar sejak 1979

0
254
Balai Desa Pangirolong Kecamatan Siau Timur Selatan Kabupaten Kepualauan Sitaro

PANGILOLONG – SITIMSEL || Sebelum berotonomi, Kampung Pangilolong adalah anak kampung dari Kampung Sawang, Kecamatan Siau Timur Selatan. Asal kata “pangilolong” di ambil dari Bahasa Siau yang artinya tempat beristirahat, karena Kampung Pangilolong ini dulunya adalah jalur/bagian jalan dari masyarakat yang berjalan kaki dari Kampung Sawang menuju Kampung Peling atau sebaliknya. Di tempat ini mereka akan beristirahat karena ditempat itu ada sebongkah batu (batu itu masih ada sampai sekarang) digunakan beristirahat. Tempat dimana masyarakat beristirahat itu dinamakan Pangilolong yang berarti tempat peristirahatan.

Populasi masyarakat Kampung Pangilolong sebanyak 632 jiwa dengan jumlah laki-laki 322 jiwa dan jumlah perempuan 310 jiwa, dengan luas wilayah 127 hektar. Secara geografis Kampung ‘Peristirahatan’ ini mempunyai batas wilayah yakni sebelah timur berbatasan dengan Kampung Binalu, sebelah selatan berbatasan dengan Kampung Sawang, sebelah utara berbatasan dengan Kampung Mala dan sebelah barat berbatasan dengan Kampung Peling.

Kapitalau Kampung Pangirolong berada di situs Batu Pangirolong

Pemekaran Kampung Pangilolong dari Kampung Sawang terjadi pada tahun 1979 dan pemimpin pertama Kampung Pangilolong ialah Kapitalau Jacop Tempone yang menjabat selama setahun saja yakni dari tahun 1979 sampai tahun1980, lalu digantikan oleh Markus Mangune dari tahun 1980 sampai tahun 1985. Setelah 5 tahun menjabat, Markus digantikan oleh Eldat Kaangkung dari tahun 1985 – 1986. Jabatan kapitalau berikutnya dijabat oleh Matias Pente dari tahun 1986-1992.

Perma Makikama adalah kapitalau yang menggantikan Matias Pente, beliau menjabat dari tahun 1992 – tahun 2005 . Jaap Mananeke tercatat sebagai kapitalau ke enam di Kampung Pangilolong. Mananeke menjadi kapitalau dari tahun 2005 – tahun 2011. Setelah enam (6) tahun berlalu tampuk pimpinan di Kampung Pangilolong dipercayakan kepada Herbed Dalawa yang memimpin dari tahun 2011 – tahun 2016, namun karena waktu/masa tugas telah usai maka ditahun 2016 A. Makatimbang, S.IP diberikan wewenang untuk menjadi pemimpin di Pangilolong dan ia hanya menjabat selama 3 bulan saja lalu setelah itu jabatan kapitalau kembali diserahkan kepada Herbed Dalawa dari tahun 2016 sampai dengan sekarang.

Dalam masa kepemimpinan Herbed Dalawa ini ada beberapa infrastruktur yang dibangun di Kampung Pangilolong, seperti: jalan setapak, drainase, Sekolah PAUD, lapangan sepak bola, talud, masih banyak lagi program yang disusun dan pelaksanaannya tinggal menunggu anggaran tahun 2019.

Penulis: Cendry Horonis
Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here