Pemdes RA Dua Dan Pinamorongan Laksanakan Kerja Bakti Di daerah Vital Desa

0
189

Minsel || KOMPAQ.ID – Bekerja secara bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan tertentu atau sering terdengar ditelinga kita dengan kata gotong royong adalah sebuah kegiatan yang menjadi budaya di seluruh pelosok negeri ini di kegiatan masing-masing. Nilai-nilai yang terdapat dalam budaya gotong royong salah satunya adalah merekatkan tali persatuan antar-individu dalam sebuah kelompok masyarakat. Kegiatan ini seperti menghilangkan semua perbedaan yang ada di setiap invidu, melebur menjadi satu diatas semua kepentingan pribadi.

Salah satu jenis kegiatan gotong royong adalah bersih-bersih lingkungan di sekitar pemukiman di daerah tertentu. Masyarakat dengan segala peralatannya berkumpul dan secara bersama-sama melakukan resik-resik (bersih-bersih) di lingkungan masing masing. Nikmat dipandang, kualitas udara yang segar, lingkungan yang jauh dari segala macam penyakit, nyaman dihuni, adalah beberapa manfaat dari kegiatan gotong royong dalam hal kebersihan lingkungan.

Begitu pula yang dilakukan oleh pemerintah desa Rumoong Atas Dua kecamatan Tareran kabupaten Minahasa Selatan.

Dibawah pimpinan pejabat hukum tua Stenly Maun, prades setempat melaksanakan gotong royong kerja bakti membersihkan sampah di daerah jalan provinsi yang mengarah ke desa Wuwuk berdekatan dengan pemancar televisi.

“Setelah kegiatan apel pagi, saya bersama perangkat desa melakukan kerja bakti meminimalisir penumpukan sampah serta mencegah terjadinya sesuatu hal negatif akibat sampah karena melihat situasi sudah memasuki musim penghujan juga di daerah ini termasuk tebing yang bisa sewaktu waktu longsor”, ucapnya.

Untuk itu Stenly Maun menghimbau kepada seluruh masyarakat desa Rumoong Atas Dua agar tidak membuang sampah lagi di daerah tersebut.

Beliau juga menitipkan agar masyarakat tetap selalu membantu pemerintah mengontrol penumpukan sampah di selokan yang diakibatkan oleh musim penghujan.

“Kami pemerintah desa Rumoong Atas Dua juga mengharapkan kerjasama masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan di daerah sekitar rumah demi juga untuk mencegah terjadinya penyakit serta mengurangi resiko terkonfirmasi Covid-19”, tutupnya.

Begitu juga dengan pemerintah desa Pinamorongan yang dikomandoi langsung oleh pejabat hukum tua Fadly Langi hari ini dalam kepedulian terhadap lingkungan, melaksanakan kerja bakti untuk mengurangi resiko timbulnya bencana serta mencegah timbulnya penyakit.

“Hari ini kami melaksanakan kerja bakti yang merupakan program rutin kami, yang berlokasi di objek wisata Watuleley yang kedepannya kami memohon bantuan pihak terkait agar bisa bekerjasama untuk meningkatkan perekonomian desa melalui pengembangan wisata”, jelasnya.

Advertisement