Penyaluran BLT DD Tiga Tahap Disalurkan Pemdes Rumoong Atas Dua

0
160

Minsel || KOMPAQ.ID – Kementerian Desa (Kemendes) kembali menyalurkan BLT Dana Desa Rp300 ribu pada awal September 2021. Maka penyaluran BLT Dana Desa Rp300 ribu itu merupakan rezeki awal bulan untuk para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Ada juga beberapa kriteria penerima BLT Dana Desa Rp300 ribu September 2021. Bagi mereka yang tergolong tidak mampu di Desanya, karena dari pandemi Covid-19. Maka, boleh mendapatkan BLT Rp300 ribu.

Dengan adanya BLT Dana Desa ini, maka roda perekonomian di Desa akan tetap berjalan semestinya.

Terdapat beberapa kriteria yang boleh menerima BLT Dana Desa yaitu diantaranya, keluarga miskin atau tidak mampu berdomisili di desa masing-masing.

Dalam proses pendataan, keluarga penerima harus mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial (Kemensos).

Begitu halnya dengan pembagian BLT-DD bulan Juni,Juli dan Agustus 2021 untuk Desa Rumoong Atas II yang tidak bisa dibagikan seperti biasanya yakni dengan mengumpulkan KPM.

Menyikapi hal tersebut, Pjb.Hukum Tua Desa Rumoong Atas II Stenly R Maun menyiasati dengan cara dibagikan langsung dari rumah ke rumah (door to door) KPM Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD). Penyaluran bansos tersebut dilakukan oleh Pemerintah Desa yang didampingi Camat Tareran Hizkia Kondoy,S.Sos kepada 40 KPM BLT-DD,Rabu,(15/09/2021).

Sebelum proses penyaluran BLT-DD, Dalam pertemuan singkat tersebut, memerintahkan untuk melaksanakan pembagian BLT-DD untuk 3 bulan agar dilakukan secara langsung dari rumah ke rumah KPM.

“Ini Kita lakukan sebagi bentuk penerapan dari kebijakan terkait PPKM Covid-19 yang masih diperpanjang dan sekaligus sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Setiap KPM menerima uang tunai sejumlah Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk tiga Bulan Rp.900.000 (Sembilan Ratus Ribu) dengan total uang yang disediakan Pemdes Rumoong Atas II sebesar Rp36.000.000 (Tiga Puluh Enam Juta) untuk 40 KPM.

Camat Tareran Hizkia Kondoy,S.Sos dalam sambutan menambahka,melalui bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Sehingga dalam pelaksanaan ini dengan dana tersebut, bisa bermanfaat untuk membantu kebutuhan sehari-hari,” tutur KondoyI.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar terus dapat mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah dalam aktivitas sehari-hari dan tidak lupa untuk membayar pajak.

Advertisement