Petta Barat Lakukan Pemberdayaan pada Lansia

0
151

PETTA BARAT – TABUKAN UTARA || Desa Petta Barat saat ini dipimpin oleh Siti Sjarah Gabriel, salah satu dari 3 Kepala Desa wanita yang berada di wilayah Kecamatan Tabukan Utara. Seorang pensiunan guru yang menjunjung tinggi nilai pancasila dan kecintaan akan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Pada tanggal 29/08/2019 lalu, Pemerintah Desa Petta Barat berkolaborasi dengan Satuan Pol-Airud Polres Kepulauan Sangihe dalam Penyuluhan Paham Radikal dan Anti Pancasila. Hal yang dianggap penting sebagai wujud kepedulian bersama dalam menanamkan Nilai-nilai moral Pancasila kepada masyarakat.

Merupakan hasil pemekaran dari Desa Petta Induk, Desa Petta Barat terus berkembang dengan mengandalkan sektor pemberdayaan ekonomi masyarakat. Berbagai bantuan stimulan telah diberikan sebagai dorongan agar masyarakat bisa lebih maju dan mandiri. Kepedulian Pemerintah Desa Petta Barat tidak hanya kepada masyarakat yang aktif dan produktif saja. Namun ada satu hal yang menarik dan menaruh simpati dari Desa Petta Barat yakni pemberdayaan kaum lanjut usia (lansia). Para lansia di desa ini tidak dibiarkan begitu saja namun tetap mendapat perhatian khusus dari desa berupa bantuan stimulan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Pada Selasa, 3 September 2019, kaum lansia terundang untuk menerima bantuan stimulan berupa barang dagangan, baik sembako atau barang lainnya. Bantuan ini menjadi modal awal untuk usaha kecil menengah bagi para lansia. Melalui usaha ini, Pemerintah Desa Petta Barat seakan memberi keringanan kepada para lansia yang sudah tidak bisa lagi bekerja berat.

“Jadi, para lansia nantinya akan tinggal dirumah saja untuk menjaga barang dagangan, tidak perlu aktivitas berat. Bisa menikmati masa tua mereka namun tetap punya penghasilan sendiri” kata Kades Sitti ketika diwawancarai oleh media Kompaq.Id

Dengan tersalurnya berbagai bantuan disektor pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, Kades Sitti terus berharap agar masyarakat nya bisa maju, berkembang dan mandiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here