Pimpinan STISIP Merdeka Periode 2016-2020 Dihadang Yayasan

0
301

KOMPAQ.ID. MANADO. Yayasan Merdeka Manado yang diketuai oleh Jeanny Jeans Legoh dikabarkan telah mengganti Pengelola STISIP Merdeka Manado mulai dari unsur pimpinan hingga unsur Program Studi. Penggantian itu dilakukan sebelum berakhirnya masa periode kepemimpinan yang bersiklus 4 tahunan. Apa pasalnya?

Dari penelusuran yang diinvestigasikan oleh Kompaq, yaitu informasi yang diperoleh  Berita Acara Hasil Pertemuan Tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) terungkap adanya skenario untuk memecat Pengelola STISIP Merdeka. Skenario itu dapat ditelusuri dari keterangan Drs A.D. Ewald Frederik yang saat itu hadir dalam kapasitas sebagai “Anak dari pendiri/Suami dari Ketua Yayasan”. Ewald disebutkan dalam berita acara itu selaku eks Ketua STISIP Merdeka pada periode 2007-2015 (lebih dari satu periode).

Ewald memberikan sebanyak 15 butir keterangan sedangkan Pembina Yayasan memberi 6 butir keterangan.

Salah satu keterangan Ewald terkait soal pembayaran SPP mahasiswa yang terhitung sejak bulan April 2017 tidak lagi dilakukan melalui rekening milik Yayasan. Selain itu Ewald memberikan keterangan sebagai berikut: Terdapat Surat Keputusan (SK) dari Yayasan Kepada Ketua STISIP Merdeka Manado pada tanggal 23 Juni 2018 untuk mengganti struktur organisasi dibawah ketua STISIP Merdeka Manado yang harus dilakukan selama 2 (dua) minggu (2 Juli 2018). Namun Ketua STISIP Merdeka Manado tidak dapat melaksanakan permintaan dari Yayasan. Atas dasar Surat Permintaan tersebut kepada Ketua STISIP Merdeka Manado tidak dapat melaksanakan, dan melalui SMS (pesan singkat), Ketua STISIP Merdeka Manado menyatakan “melepas jabatan sebagai ketua”. Pihak Yayasan merasa Ketua STISIP Merdeka Manado, terlalu lemah dalam mengambil keputusan, sehingga Yayasan memberhentikan Ketua STISIP Merdeka Manado.

Adapun unsur pimpinan STISIP Merdeka Periode 2016-2020 terdiri dari: Ketua: Dr  Drs Handrie Dunand Pangemanan, SH, M.Si; Wakil Ketua I Bidang Akademik: Drs Eddy B. Ngenget, M.Si; Wakil Ketua II Bidang Keuangan: Dr Dra Alfien Pandeleke, M.Si; Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan: Drs Boy Frans, M.Si; Kepala Program Studi: Dra Marjam Pontorondo, M.Si

Sedangkan unsur pimpinan baru versi Yayasan Merdeka, antara lain: Ketua: Dr Dra Alfien Pandeleke, M.Si; Wakil Ketua I Bidang Akademik:  Yudi Dien, SE, M.Si; Wakil Ketua II Bidang Keuangan: Drs A.D.E Frederik, M.Si; Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan: Happy Day Panyuwa, SE, M.Si; Kepala Program Studi/Ketua Jurusan: Grace Dengah, S.Sos. M.Si; Kepala Perpustakaan: Jack Sumampou, SE MSi.

Keputusan kepengurusan yang baru di atas dikeluarkan melalui SK Ketua STISIP Merdeka No SK 01/STSPVIII/2018 Tertanggal 28 Agustus 2018 yang telah ditandatangani oleh Dr Dra Alfien Pandeleke, M.Si selaku Ketua STISIP Merdeka Manado versi Yayasan.

Jelaslah, dari keterangan di atas, Kepemimpinan Pangemanan Cs telah dibatalkan secara sepihak oleh Yayasan Merdeka sebelum masa jabatan mereka berakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here