Plt Lurah Bitung Karangria, Rit Kamponang: Dana Kelurahan Untuk Infrastruktur dan Pemberdayaan

0
65

MANADO|| Tahun 2019 merupakan Tahun Perdana bagi Kelurahan se Indonesia untuk menerima Dana Kelurahan. Program Pemerintah Pusat yang tertata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu menjadi berkah bagi warga Kota Manado. Salah satu Kelurahan yang diawasi oleh media ini adalah Kelurahan Bitung Karangria Kecamatan Tuminting.

Saat disambangi awak media, Rabu, 4/12/2019 lalu, tampaknya aktivitas pemerintahan sudah tidak berlangsung di lokasi Kantor lurah seperti biasanya. Ternyata kantor lurah Bitung Karangria dalam pembangunan fisik kantor baru. Aktivitas pemerintahan untuk sementara berpindah ke lokasi perumahan Camar Tuminting.

Plt Lurah Bitung Karangria, Rit Kamponang, SP kepada kompaq.id menjelaskan pemanfaatan Dana Kelurahan untuk tahap pertama tahun anggaran 2019 telah digunakan untuk membangun infrastruktur dan beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Dana Kelurahan digunakan untuk pembuatan saluran air di lingkungan 3, pembuatan penutup saluran air di lingkungan 4, pembuatan jalan pavin di antara lingkungan 1,2 dan 4, jalan setapak di lingkungan 1, dan pengecoran jalan di lingkungan 1. Juga ada pembuatan jalan pavin di kompleks SD GMIM 33. Sedangkan untuk tahap kedua akan digunakan untuk membangun Taman Baca”, kata Kamponang.

Kamponang juga mengatakan bahwa untuk tahap pertama telah disalurkan Dana Kelurahan sebesar Rp 185 Juta.

“Pada tahapan kedua selain untuk Taman Baca, direncanakan juga untuk biaya kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pengadaan seragam pakaian adat”, imbuhnya.

Kamponang menutup dengan menyampaikan ucapan terimakasih atas nama pemerintah kelurahan dan warga Bitung Karangria karena dapat membangun dengan anggaran Dana Kelurahan.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here