Presiden Jokowi Memberi Sinyal Kuat Mengenai Mobil Listerik Masuk Indonesia

0
162

KOMPAQ.ID//NASIONAL//Jumat, 3 Agustus 2018. Sepertinya kita akan segera menikmati mobil listerik berbahan bakar yang ramah lingkungan. Hal ini secara eksplisit disampaikan oleh Presiden Jokowi melalui laman facebook Presiden Joko Widodo. Jokowi menyampaikan bahwa  Pemerintah Prancis dan Inggris tahun lalu menyatakan hendak melarang penjualan mobil nonlistrik di kedua negara itu mulai tahun 2040 mendatang. Lalu pemerintah Tiongkok bertekad jadi yang terdepan di dunia dalam mengembangkan mobil listrik.

Bagaimana dengan kita? Negara kita bagian dari rantai produksi industri otomotif global. Tren yang sudah dimulai di negara-negara maju, masuk ke negara tetangga, hanya tinggal menunggu waktu untuk sampai ke Indonesia. Pada pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 di Tangerang, siang tadi, saya mengingatkan para pelaku industri otomotif untuk bekerja keras dan terus berinovasi. Saat ini Indonesia membutuhkan inovasi berupa implementasi biodiesel 20 persen atau B20 dengan menghadirkan lebih banyak kendaraan yang ramah lingkungan.

Brasil tahun 1970 sudah bisa menerapkan kendaraan berbahan bakar 100 persen bioethanol dari produk lokal gula tebu. Masak kita yang punya produksi sawit jutaan ton tidak bisa? Dengan implementasi B20, penghematan devisa kita hampir USD6 miliar dan harga minyak sawit Indonesia juga akan terangkat hingga USD100 per ton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here