Ustadz Ali akan kembangkan Dana Bergulir bagi UMKM di Kendal

1248

KENDAL – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kendal membutuhkan pendampingan dan dukungan permodalan dari pemerintah daerah.

Ainun, pemilik usaha Omah Gedhang Ainun yang bergerak di bidang pengolahan aneka makanan ringan berbahan pisang, mengatakan pelaku UMKM sangat mengharapkan pendampingan untuk pengembangan usaha.

“Kami sangat mengharapkan adanya pendampingan yang kontinyu dari pemerintah. Baik itu untuk pengembangan usaha dan permodalan. Paling tidak ada bantuan modal atau pinjaman dengan bunga yang terjangkau,” terang Ainun.

Pihaknya mengaku perhatian dari pemerintah daerah terhadap pelaku UMKM masih kurang. Padahal, imbuhnya, sektor UMKM ini jika dikembangkan bisa membantu pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran.

Mendapati keluhan tersebut, Ustadz Ali mengaku memahami keresahan para pelaku UMKM. Menurut calon bupati Kendal yang dideklarasikan DPC PKB pekan lalu, pemerintah mestinya bisa hadir untuk memberikan pendampingan yang berkelanjutan kepada para pelaku UMKM ini.

“Dampingi mereka untuk bisa meningkatkan kualitas produknya agar nilai jualnya bertambah. Beri pelatihan, bantuan permodalan, juga bantu bukakan pasarnya dengan membangun kemitraan dengan pihak-pihak swasta,” terang Ustadz Ali.

Ketua dewan syuro DPC PKB itu lebih lanjut menekankan, sektor UMKM sebagai penopang ekonomi berbasis kerakyatan akan ditempatkan sebagai salah satu program prioritas jika dirinya diberikan amanah untuk memimpin Kendal. Permodalan dengan sistem dana bergulir salah satu pilihannya.

“Keberpihakan saya dan PKB jelas, menguatkan ekonomi kerakyatan. UMKM jelas akan jadi program prioritas. Kami akan permodalan dengan sistem dana bergulir, sehingga semua pelaku usaha terjangkau ” tegasnya.

Diberitakan, Ustadz Ali terus melakukan kunjungan menemui masyarakat pasca dirinya dideklarasikan sebagai calon bupati Kendal. Selain meminta dukungan, kunjungan ini dilakukan untuk menampung permasalahan di masyarakat. (SA)



TINGGALKAN KOMENTAR