Selalu kalah polling Pilbup, Relawan TIM sajikan hasil terbaru

836

Kendal – Setelah selalu kalah di setiap polling yang diadakan Kabar Masyarakat Kendal (KMK), Kabupaten Kendal Diskusi Politik (KKDP), dan grup media sosial sejenis, relawan pasangan Tino Indra Wardono dan Mustamsikin atau Relawan TIM Kendal menyajikan hasil polling terbaru.

Tampak tangkapan gambar warna merah yang diunggah oleh akun Relawan TIM Kendal, yang diambil dari hasil polling link internet Polling Nusantara. Paslon TIM ditampilkan sebagai pemenang (42,5%), disusul Dibas (31,6%) dan terakhir NURANI (25,8%).

Sementara itu, empat kali poling di KKDP paslon nomor urut 2, NURANI selalu menang dengan prosentase selalu di atas 50%. Prosentase poling terbaru: NURANI (53%), TIMUS (28%) dan DIBAS: (19%). Di KMK dan beberapa grup media sosial lainnya hasilnya tidak jauh berbeda, paslon Nurani unggul.

Pemerhati opini publik, Muh. Mustafid mencermati, link Polling Nusantara dapat diakses oleh seluruh pengguna internet dari seluruh dunia. “Pengguna internet dari seluruh Indonesia, bahkan luar negeri dapat ikut memilih poling yang diadakan Polling Nusantara”, terangnya.

Selanjutnya, diterangkan; karenanya Polling Nusantara tidak representatif atau tidak bisa mewakili populasi pemilih Pilbup Kendal 2020. “Loh yang disurvei secara online itu kan Pilbup Kendal, kok semua penghuni bumi bisa ikut poling?”, tanya Mustafid. “Cocoknya Polling Nusantara itu untuk Pilpres”, jelasnya.

Hasil survei online link internet Polling Nusantara dinilai jauh dari mewakili pemilih Pilbup Kendal. Tingkat representasinya jauh berbeda dengan poling yang diadakan di KKDP dan KMK.

Peserta poling di KKDP dan KMK, harus anggota grup. Identitas yang ikut poling bisa ditera, sekalipun identitas aslinya bisa disembunyikan. Jadi, tidak sembarang orang bisa ikut poling di KKDP. “Kalau ada pemilih dari Papua ikut poling di KKDP, misal, akan teridentifikasi”, selanya.

KKDP adalah komunitas media sosial yang kerap jadi rujukan isu politik nasional dan lokal politisi di Kendal. Dibuat menjelang Pilkada 2014. Sebagai admin utama adalah Bintoro, aktivis politik asal Sukorejo yang sangat familiar di kalangan pengguna media sosial di pantai Utara Jawa.

Menurut Bintoro, hasil poling di KKDP selalu sama tepat dengan perolehan suara pada hari H pelaksanaan pencoblosan. “Belasan hasil poling di KKDP selalu terbukti pada hari pemilihan, dengan margin error cuma 1,8%”, terangnya.

Selain itu, “Hasil polling di KKDP dapat disandingkan dengan hasil poling lembaga survei nasional terakreditasi, hasilnya tidak jauh berbeda”, tegas Bintoro.

Dua bulan menjelang hari pencoblosan tanggal 9 Desember, beredar informasi masing-masing Tim paslon sudah memegang hasil survei lapangan. Kapan akan diumumkan? Sampai saat ini belum ada informasinya.

Di KKDP sendiri selain disajikan informasi politik aktual juga selalu dilakukan poling baik untuk Pemilu atau Pilkada. Hasil poling yang selalu tepat itu banyak dinanti netizen.

Pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, sebelum dan setelah penetapan nomor urut paslon, sudah 4 kali dilakukan poling di KKDP, 2 kali di KMK dan 1 kali di Kabupaten Kendal. Hasilnya pasangan nomor urut 2 NURANI selalu menang. Konsistensi hasil poling ini dapat dipercaya dengan margin error 1,8%.

Banyak yang meyakini konsistensi hasil poling media sosial KKDP, karena berkali-kali teruji, “dari berkali-kali hasil poling itu, sebenarnya sudah dapat diperkirakan siapa yang akan jadi pemenang. Secara konsisten ada pada Nurani”, tegas Muh Mustafid, pemerhati opini publik.

Ditanya soal konsistensi hasil poling, Bintoro menyampaikan, “kita tunggu masih ada dua bulan lagi, poling akan terus dilakukan. Dari poling-poling sebelumnya, seperti Pilkada 2014, margin error cuma 1,8 %”, tegasnya. (MAX)



TINGGALKAN KOMENTAR