Jelang Pilkapita, Pemkab Sitaro seriusi pemeriksaan laporan Kepala Desa petahana

452

KOMPAQ-SITARO|| Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro untuk mewujudkan tata pemerintahan yang bersih dan transparan dalam lingkup pemerintahan desa sangat serius. Dari pantauan tim Desa Kompak Sitaro, pada hari Rabu 16 Juni 2019, Bupati pilihan Rakyat Sitaro, Evangelin Sasingen, SE dan Wakil Bupati Drs. Jhon Heit Palandung, MSi melalui instansi teknis Inspektorat Daerah menggelar Pemeriksaan Keuangan selama sepekan terhadap seluruh desa yang para kapitalau-nya sudah diakhir masa jabatan.

Pemeriksaan itu menyangkut tata kelola pemerintahan maupun laporan keuangan.
Hal ini perlu diketahui oleh masyarakat Sitaro karena kurang lebih 38 kampung atau desa hendak melaksanakan pemilihan kepala kampung secara serentak. Dan waktu pelaksanaannya sementara dibahas. Termasuk juga pembahasan masalah penganggaran.

Kepala Dinas Pemerintahan dan Perberdayaan Masyarakat Daerah Kabupaten Sitaro, Marlon Dalentang S.STP saat dihubungi via telepon seluler membenarkan hal ini. Disampaikan Dalentang, sebelum dilakukan pemeriksaan, para kapitalau wajib memasukkan laporan pertangungjawaban mengakhiri masa jabatannya.

“Karena ini merupakan kewajiban yang mutlak harus dipenuhi sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu Undang-Undang Desa nomor 6 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Desa. Dan peraturan itu berlaku bukan hanya kepada Bupati tetapi juga kepada masyarakat kampung yang ada melalui Majelis Tua-Tua Kampung (MTK) pungkas Marlon.

Penulis: Heriwan Kasiahe
Editor: Nia Biringang



TINGGALKAN KOMENTAR