Forum Musrenbang Kecamatan Bunaken Kota Manado menjadi hangat dengan kehadiran tiga dari tujuh legislator Dapil Tuminting, Bunaken, Bunaken Kepulauan. Vanda Pinontoan, politisi Demokrat yang sejauh ini konsisten mengawal aspirasi rakyat melalui kegiatan reses dan musrenbang.

Pada forum Musrenbang ini, Vanda mengkritik soal mekanisme penetapan aspirasi rakyat menjadi keputusan pemerintah. Menurut Vanda, banyak usulan baik usul anggota DPRD yang digali dari hasil Reses, maupun usulan masyarakat yang digali dari Musrenbang lingkungan sampai kecamatan, tidak terlaksana.

Berbeda dengan Vanda, Politisi PKS, dr Saryanto Yusuf menjelaskan penyebab dari tidak terakomodirnya aspirasi rakyat dan wakil rakyat disebabkan oleh karena tidak singkron dengan R{JMD. Yusuf juga mengkritik bahwa Juknis Musrenbang seharusnya ada evaluasi untuk mengukur proses, output dan outcome program dan kegiatan.

Sementara politisi Gerindra, Mona Kloer menjelaskan pentingnya warga mengetahui adanya Perda Persampahan yang baru saja diketuk di parlemen manado. Mona, seperti halnya Vanda juga memberi kritik terhadap mentoknya seluruh aspirasi yang disampaikan oleh rakyat maupun oleh wakil rakyat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here