Sejarah Singkat Agama Kristen

0
618

Agama Kristen lahir dari rahim Yidaisme Yahudi. Yudaisme adalah Agama asli orang Yahudi yang segala pengajaran, hukum, tradisi dan budayanya bersumber dari TANAKH, singkatan dari TORAH-NEBIIM-KETHUBIM.

Torah berisi 5 Kitab TAURAT MUSA. Nebiim isinya adalah kitab-kitab para Nabi-nabi awal dan Nabi-nabi akhir. Sedangkan Kethubim berisi Mazmur, Kidung Agung, Amsal dan Pengkotbah.

ALKITAB TANAKH ini oleh Orang Kristen kemudian menyebutnya ALKITAB PERJANJIAN LAMA untuk membedakan dengan ALKITAB PERJANJIAN BARU.

Tulisan Para Rasul Murid YESUS KRISTUS, dimana Istilah PERJANJIAN LAMA dan PERJANJIAN BARU dibuat oleh seorang BAPAK GEREJA dari Tunisia bernama TERTULIANUS pada Tahun 160-220 Masehi.

Berikut sejumlah latar belakang adanya Perjanjian Baru.

Jika mereka membaca PERJANJIAN LAMA itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya. (2 Korintus 3:14).

Aku akan mengadakan PERJANJIAN BARU dengan kaum Israel dan kaum Yehuda, (Yeremia 31:31).

“Cawan ini adalah PERJANJIAN BARU oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu. (Lukas 22:20).

Tetapi Orang Yahudi yang beragama Yudaisme tidak mengenal Istilah PERJANJIAN LAMA untuk Alkitab mereka yakni TANAKH dan sebaliknya. Mereka menolak Alkitab PERJANJIAN BARU milik Orang Kristen.

Agama KRISTEN pada Abad Pertama merupakan Salah Satu SEKTE atau MASHAB dalam YUDAISME, bersamaan dengan Sekte/Mashab FARISI, SADUKI dan ESSENI, dimana sebelum disebut KRISTEN, namanya adalah NOTS’RIM. Hal tersebut dibuktikan dengan: YESUS yang bergelar KRISTUS, Ia sendiri diawal Pelayanan-Nya dikenal sebagai Seorang RABI (GURU) yang menyelesaikan Pendidikannya di Sekolah TAURAT.

OrangtuaNya adalah Orang Yahudi Pemeluk Agama Yahudi, dan YESUS KRISTUS ini dicatat dalam Sejarah mulai dari Kelahiran hingga masa Remaja-Nya di Pelihara dan dididik dalam Ajaran Taurat dan Tradisi Yahudi, sehingga sampai dengan Kematian, Kebangkitan dan Kenaikan-Nya ke Sorga tidak pernah Dia melepaskan Agama Yahudi-Nya yaitu Yudaisme.

Atas dasar fakta sejarah tersebut, maka sudah jelas bahwa YESUS KRISTUS dan para murid (rasul), dalam hidup dan pengajaran mereka, sangat menghargai ALKITAB TANAKH atau PERJANJIAN LAMA sebagai Akar Ajaran, dan para murid setelah Kematian, Kebangkitan dan Kenaikan YESUS KRISTUS ke Surga, kemudian mereka disebut SEKTE NOTS’RIM (Golongan MESIANIK atau Pengikut MESIAS). Dan mereka awalnya beribadah di SINAGOGA (tempat perkumpulan ibadah bersama Orang Yahudi dan Non Yahudi).

Nanti pada sekitar Tahun 60 Masehi, Para Murid YESUS KRISTUS ini mendapat sebutan istilah baru dalam Bahasa Yunani yakni “KHRISTIANOS” yang muncul di ANTHIOKIA SURIAH jauh dari teritori Negara ISRAEL saat ini.

Pada sekitar antara tahun 90-100 Masehi, terjadi Konsili Yahudi yang dihadiri para Rabi Yahudi yang kebanyakan dari Sekte/Mashab FARISI, di Kota YAMNIA, sebelah selatan dari Kota Pelabuhan Yope di Laut Tengah. Konsili itu disebut KONSILI YAMNIA, dimana dalam Konsili tersebut ditetapkan bahwa SEKTE NOTS’RIM atau KHRISTIANOS adalah bidat atau sesat, yang diikuti oleh DOA KUTUKAN pada para BIDAT/SESAT (BIRKAT HAMINIM), dimana para BIDAT/SESAT di Doakan tidak mendapat bagian masuk dalam Kitab Kehidupan Kekal. Dan memang sejak awal terjadi Perdebatan antara Rabi-Rabi Yahudi Farisi dengan Pemimpin Kristen tentang Ke-TUHAN-an YESUS KRISTUS, lalu para NOTS’RIM atau KHRISTIANOS mulai melepaskan diri dari Yudaisme (Agama Yahudi).

Kemudian para NOTS’RIM atau KHRISTIANOS ini menjadi Agama tersendiri lepas dari Yudaisme sejak para Bapa-bapa Gereja mulai melakukan Konsili Gereja.

SEKTE/MASHAB NOTS’RIM (Bhs Ibrani) lalu KHRISTIANOS (Bahasa Yunani) atau KRISTEN dalam Bahasa Indonesia, inilah yang kemudian mula-mula disebut KRISTEN ORTODOKS TIMUR (Gereja-gereja Kristen di Timur yang berpusat di Konstantinopel).

KRISTEN KATHOLIK (Gereja Kristen di Barat yang berpusat di Roma), lalu muncul Gerakan PROTESTAN pada Abad 16 seperti PROTESTAN REFORM, LUTHERAN dan ANGLIKAN lalu hadir lagi apa yang disebut PANTEKOSTA, KARISMATIK, dll.

Adapun SEKTE MASHAB FARISI kemudian bertransformasi di Abad Modern ini dan dikenal saat ini sebagai YAHUDI ORTODOKS atau YAHUDI HEREDI (YAHUDI KONSERVATIF ULTRA ORTODOKS).

SEKTE/MASHAB SADUKI yang LIBERAL, saat ini dikenal sebagai YAHUDI HUMANIS yang tidak terlalu mementingkan Keimanan pada TUHAN atau menjadi YAHUDI ATHEIS.

SEKTE/MASHAB ESSENI tidak diketahui. Di Negara ISRAEL saat ini sedang Populer Gerakan MESSIANIC JEWS (YAHUDI MESIANIK) yaitu Gerakan yang dipelopori oleh Orang-orang Yahudi Kristen untuk meng-Injili Orang Yahudi yang belum percaya pada YASHUA HA’MASIAKH (YESUS KRISTUS) dan mensinkronkan Ajaran Tradisi Yahudi dengan Ajaran Injil.

Shalom Aleichem b’Shem Ha Mashiach (Salam Damai Sejahtera dari Tuhan kita Yesus Kristus menyertai kita semua) Amen.

Penulis: Meers Malky Tamara

Advertisement